Kompas.com - 18/04/2021, 14:52 WIB
Iring-iringan kendaraan tempur Rusia di luar kota Belgorod. Reuters/RIA NovostiIring-iringan kendaraan tempur Rusia di luar kota Belgorod.

BERLIN, KOMPAS.com – Menteri Pertahanan Jerman Annegret Kramp-Karrenbauer pada Sabtu (17/4/2021) menyebut Rusia sebagai ancaman langsung dan spesifik bagi keamanan Eropa.

Berbicara di Konrad-Adenauer Foundation di kota Koenigsbronn, Jerman, Kramp-Karrenbauer mengatakan bahwa Rusia merupakan ancaman nyata.

Baca juga: Konflik Makin Memuncak, Rusia Tangkap Diplomat Ukraina

"Penumpukan senjata Rusia dan peperangannya di tengah-tengah Eropa telah menciptakan ancaman nyata,” kata Kramp-Karrenbauer sebagaimana dilansir Yeni Safak.

Dia menambahkan, dengan memaparkan fakta tersebut bukanlah serta merta menjadi anti-Rusia.

“Siapa pun yang menunjukkan hal ini sedang membahas fakta politik yang penting dan mengambil tindakan pencegahan aktif untuk negara kita dan untuk Eropa," sambung Kramp-Karrenbauer.

Dia juga menuduh Moskwa menempatkan rudal yang dapat mencapai Jerman tanpa banyak memberi peringatan.

Baca juga: Dijatuhi Sanksi AS, Ini Balasan Rusia

"Ini terjadi dengan melanggar perjanjian kontrol senjata saat ini dan secara rahasia," tambah Kramp-Karrenbauer.

Pada 2018, Rusia mengonfirmasi penempatan rudal Iskander dengan jangkauan 500 kilometer di eksklave Kaliningrad yang terletak di antara Polandia, Lituania, dan Laut Baltik.

Saat itu, Moskwa berdalih bahwa penempatan rudal tersebut merupakan tanggapan atas penempatan pasukan NATO di negara-negara Baltik.

Kramp-Karrenbauer juga menilai, relokasi pasukan Rusia ke daerah perbatasa Ukraina merupakan provokasi yang disengaja.

 

Halaman:

Sumber Yeni Safak
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X