Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesaksian Penumpang Selamat dalam Kebakaran Bus di Bulgaria yang Tewaskan 46 Orang

Kompas.com - 24/11/2021, 07:27 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

 

SOFIA, KOMPAS.com - Penumpang selamat dari kebaran bus di Bulgaria, memecahkan jendela setelah kobaran api terlihat menyambar di kendaraan.

Melansir BBC pada Rabu (24/11/2021), 7 orang selamat dalam kebaran bus di Bulgaria yang dipenuhi turis yang sebagian besar orang Makedonia.

Bus menabrak penghalang jalan dan terbakar saat dalam perjalanan dari Istanbul di Turki menuju Makedonia Utara.

Baca juga: 45 Orang Tewas dalam Kebakaran Bus di Bulgaria, Termasuk Anak-anak

Ada 12 anak dari 46 orang yang meninggal dalam kebakaran bus tersebut, di antaranya anak kembar laki-laki berusia 4 tahun.

Hanya 4 pria dan 3 wanita yang selamat dalam tragedi kebaran bus, yang terjadi di jalan raya barat daya ibu kota Bulgaria, Sofia, pada Selasa pagi (23/11/2021).

Kebakaran bus itu membuat banyak orang di Bulgaria dan Makedonia Utara terkejut dan bersedih, sehingga ditetapkan 3 hari berkabung nasional.

Perdana Menteri Makedonia Zoran Zaev menggambarkan kebakaran bus itu sebagai kecelakaan "mengerikan".

"Saya bertemu dengan korban luka di sebuah rumah sakit di Bulgaria. Hati saya hancur ketika mendengar tangisan seorang ayah yang kehilangan anaknya," kata Zaev kepada BBC.

Zoran Zaev mengatakan dia telah berbicara dengan salah satu korban, yang mengatakan kepadanya bahwa penumpang tertidur ketika suara ledakan membangunkan mereka.

Baca juga: Tewas Saat Selamatkan Wanita yang Berniat Bunuh Diri, Pemadam Kebakaran Ini Jadi Pahlawan

"Mereka berhasil memecahkan salah satu jendela dan menyelamatkan beberapa orang. Sayangnya, sisanya tidak berhasil diselamatkan," terang Zaev kepada wartawan.

Penyebab tragedi kebakaran bus itu tidak segera jelas. Pejabat Bulgaria mengatakan bus membelok dari jalan raya dan merusak penghalang jalan sepanjang 50 meter.

Namun belum diketahui apakah bus tersebut terbakar sebelum atau sesudah kecelakaan. Tidak ada kendaraan lain yang terlibat dalam kebakaran bus itu.

Gambar-gambar setelahnya menunjukkan bagian jalan di mana penghalang tabrakan telah rusak dan bus hangus dilalap api.

Wali kota dari desa terdekat Pernik mengatakan jalan tol dalam kondisi buruk di bagian itu dan sering terjadi kecelakaan di daerah itu.

Bus yang terbakar itu dalam perjalanan kembali ke ibu kota Makedonia Utara, Skopje, setelah liburan akhir pekan di Istanbul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com