Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

COP26: 19 Negara Setop Biayai Proyek Bahan Bakar Fosil di Luar Negeri

Kompas.com - 04/11/2021, 06:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

GLASGOW, KOMPAS.com – Dalam COP26 di Glasgow, Skotlandia, setidaknya 19 negara berencana berkomitmen menghentikan pembiayaan untuk proyek bahan bakar fosil di luar negeri pada akhir tahun depan.

Hal tersebut diutarakan oleh dua sumber yang mengetahui pembicaraann tersebut kepada Reuters, Rabu (3/11/2021). Upaya tersebut dipimpin oleh Inggris.

Kini, London tengah berupaya mengajak lebih banyak negara untuk menandatangani janji tersebut sebelum diumumkan dan diluncurkan dalam COP26.

Baca juga: Di Forum COP26, Luhut Paparkan Upaya Pemerintah RI Kurangi Sampah Plastik

Kedua sumber tersebut menambahkan, beberapa negara yang berencana ikut komitmen tersebut seperti Denmark, Finlandia, Kosta Rika, Etiopia, Gambia, dan Kepulauan Marshall.

Selain itu ada lembaga pembangunan seperti Bank Investasi Eropa dan Bank Pembangunan Afrika Timur yang menunjukkan komitmennya.

Negara-negara dan lembaga pembangunan tersebut akan berkomitmen mengakhiri dukungan untuk proyek energi bahan bakar fosil di luar negeri pada akhir 2022.

Meski demikian, dalam kesepakatan itu masih memungkinkan pengecualian yang tidak ditentukan dalam keadaan tertentu.

Baca juga: Biden Kritik Xi Jinping dan Putin karena Tak Hadir di COP26

Seorang sumber yang mengetahui diskusi tersebut mengatakan, beberapa negara tersebut secara kolektif menginvestasikan miliaran dollar AS per tahun dalam proyek bahan bakar fosil internasional selama beberapa tahun terakhir.

Pemerintah Inggris tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Pemerintah dan lembaga keuangan menghadapi tekanan yang meningkat untuk menghentikan pendanaan proyek batu bara, minyak, dan gas bumi.

Baca juga: Pidato Jokowi di COP26, Realisasinya Butuh Kebijakan Pembangunan yang Konsisten

Proyek-proyek energi fosil tersebut bertanggung jawab menghasilkan emisi gas rumah kaca yang mendorong perubahan iklim, baik di dalam maupun di luar negeri.

Pada Rabu, Denmark mengatakan akan menghentikan pembiayaan internasional untuk investasi, proyek, atau kegiatan yang mempromosikan bahan bakar fosil pada akhir tahun ini.

Namun, ada pengecualian untuk beberapa proyek gas yang memiliki "syarat ketat" hingga 2025.

Baca juga: Hari Kedua COP26, Ini 3 Hal Penting yang Terjadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com