Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Orang Tewas Dipanah di Norwegia, Tersangka Ditangkap, Ada Kemungkinan Teroris

Kompas.com - 14/10/2021, 10:21 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KONGSBERG, KOMPAS.com - Seorang pria bersenjatakan busur dan anak panah menewaskan lima orang dan melukai dua lainnya di tenggara Norwegia pada Rabu (13/10/2021), kata polisi, menambahkan bahwa mereka telah menangkap tersangka.

Motif serangan, yang terjadi di beberapa lokasi di pusat kota Kongsberg, belum diketahui.

Namun, polisi mengatakan bahwa motif terorisme masih diperhitungkan.

Baca juga: Bersenjatakan Busur dan Panah, Pria Norwegia Bunuh 5 Orang

Petugas polisi Oyvind Aas membenarkan bahwa lima orang tewas. Sebanyak dua korban yang terluka berada di unit perawatan kritis di rumah sakit, tetapi nyawa mereka tampaknya tidak dalam bahaya, katanya dalam konferensi pers yang dikutip AFP.

Salah satu yang terluka adalah polisi yang sedang tidak bertugas dan berada di sebuah toko, salah satu lokasi dari beberapa tempat yang diserang.

"Pria yang melakukan tindakan ini sudah ditangkap oleh polisi dan, menurut informasi kami, hanya ada satu orang yang terlibat," kata Aas.

Dia menambahkan, "Mengingat bagaimana peristiwa berlangsung, wajar untuk menilai apakah ini serangan teroris", dan menekankan bahwa "semua kemungkinan terbuka".

Polisi mengidentifikasi tersangka sebagai warga negara Denmark berusia 37 tahun yang tinggal di Kongsberg, berbeda dengan laporan televisi sebelumnya yang menuduh penyerang adalah pria Norwegia.

"Kami memutuskan untuk mengonfirmasi informasi ini karena banyak desas-desus yang beredar di jejaring sosial tentang pelaku penyerangan, beberapa (melibatkan) orang yang tidak memiliki hubungan dengan tindakan serius ini," kata polisi pada Rabu malam.

Baca juga: 12 Pemain Bola Klub Norwegia Pesta Seks di Stadion, 1 Dipecat, 10 Dapat SP

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com