Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Dukung Australia Bentuk Pakta AUKUS dengan AS dan Inggris

Kompas.com - 24/09/2021, 15:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyatakan dukungannya terhadap pakta pertahanan AUKUS yang dibentuk Australia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Dukungan PM Lee disampaikan langsung kepada Perdana Menteri Australia Scott Morrison melalui sambungan telepon pada Kamis (16/9/2021).

Saat itu PM Singapura dihubungi oleh PM Australia yang menjelaskan tentang kemitraan trilateral AUKUS.

Baca juga: PM Australia Hubungi Presiden Jokowi, Berusaha Tenangkan Indonesia soal Kapal Selam Nuklir

Dikutip dari siaran pers yang diterbitkan Kementerian Luar Negeri Singapura pada hari yang sama, tertulis bahwa PM Lee mendukung sekaligus menaruh harapan pada AUKUS.

Ia menyebut bahwa Singapura menjalin hubungan bilateral yang lama dengan Australia, Inggris, dan AS, lalu berharap AUKUS akan berkontribusi bagi perdmaaian dan kawasan regional.

Selain membahas AUKUS, pembicaraan telepon antara Lee dan Morrison juga membahas bagaimana kedua negara menangani Covid-19.

PM Australia Scott Morrison mengucapkan terima kasih kepada PM Singapura Lee Hsien Loong, atas pengaturan kiriman dosis vaksin Covid-19 yang diselesaikan pada Agustus 2021.

Apa itu AUKUS?

Dengan menandatangani pakta pertahanan AUKUS pekan lalu, Australia menegaskan posisinya di dunia: memihak Amerika Serikat daripada China.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com