Kim Yo Jong: Korut Terbuka untuk Akhiri Perang Korea dengan Korsel

Kompas.com - 24/09/2021, 15:11 WIB
Adik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, sampai di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, pada 9 Februari 2018. Dia menjadi bagian delegasi Korea Utara untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang. AP Photo/Ahn Young-joonAdik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong, sampai di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, pada 9 Februari 2018. Dia menjadi bagian delegasi Korea Utara untuk menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Kim Yo Jong, adik pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, menyatakan bahwa negaranya bersedia melanjutkan pembicaraan dengan Korea Selatan untuk mengakhiri Perang Korea.

Perkataan Kim Yo Jong adalah tanggapan atas seruan baru dari Korsel guna mengakhiri Perang Korea yang belum diselesaikan dengan perjanjian damai.

Perang Korea berakhir pada 1953 dengan gencatan senjata, sehingga Korut dan Korsel secara teknis masih berperang sampai sekarang.

Baca juga: Kisah Perang: Terciptanya 2 Korea dari Medan Laga dan Gencatan Senjata Terlama

Akibat belum ada kesepakatan hitam di atas putih untuk mengakhiri Perang Korea, Korsel dan Korut kerap terjebak dalam ketegangan.

Pekan ini, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyerukan kedua Korea dan sekutu mereka - AS yang mendukung Korsel, dan China yang merupakan mitra ekonomi terbesar Korut - untuk menyatakan secara resmi berakhirnya Perang Korea dan membawa perdamaian ke semenanjung itu.

Ide tersebut awalnya ditolak oleh seorang menteri tinggi Korea Utara, yang menyebutnya masih prematur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, dalam pernyataan tak terduga yang dirilis pada Jumat (24/9/2021) melalui media pemerintah, Kim Yo Jong justru mengatakan ide itu mengagumkan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.