Legenda Tinju Manny Pacquiao Maju Jadi Calon Presiden Filipina, Kebijakan di Laut China Selatan Mungkin Berubah

Kompas.com - 20/09/2021, 07:10 WIB
Petinju legendaris asal Filipina, Manny Pacquiao UCA NewsPetinju legendaris asal Filipina, Manny Pacquiao

MANILA, KOMPAS.com - Majunya legenda tinju Manny Pacquiao sebagai presiden di Filipina pada Minggu (19/9/2021), mungkin berimplikasi pada hotspot geopolitik Laut Cina Selatan.

Hal itu mengingat pada Juni, Pacquiao, yang sekarang menjadi senator, menuduh Presiden Rodrigo Duterte yang akan keluar dari jabatannya, lemah terhadap ketegasan China di jalur perairan yang diperebutkan itu.

Baca juga: Bintang Tinju Manny Pacquiao Dicalonkan Jadi Presiden Filipina 2022

Dalam beberapa tahun terakhir, China membangun pangkalan militer di atas terumbu karang di dekat Filipina, mengabaikan putusan pengadilan internasional terhadap klaim ekspansifnya atas hampir seluruh laut, yang merupakan jalur perdagangan internasional yang vital.

Atlet terkenal itu menerima nominasi dari sekutu politik di faksinya dari Partai PDP-Laban, partai yang berkuasa saat ini di pemerintahan Filipina.

"Saya seorang petarung, dan saya akan selalu menjadi petarung di dalam dan di luar ring," kata Pacquiao dalam pidatonya, Minggu (19/9/2921) melansir Newsweek.

"Saya menerima pencalonan sebagai calon presiden Republik Filipina."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: China Gelar Latihan Militer Dekat Taiwan

Banyak orang di Filipina mengkritik Duterte karena tidak menindak operasi militer, penjaga pantai, dan kapal penangkap ikan dari China di perairan yang diperebutkan.

Duterte mengatakan menghadapi Beijing tentang masalah ini tidak akan menghasilkan apa-apa, dan bahwa negara itu punya "utang besar" kepada China dalam hal lain.

Pada Juni, Duterte menepis kritik Pacquiao, menyebut pengetahuan kebijakan luar negeri pejuang itu "dangkal."

Atas tudingan itu Pacquiao menjawab, "Saya orang Filipina menyuarakan apa yang perlu dikatakan untuk membela apa yang telah diputuskan sebagai hak kami."

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.