Gunung Berapi Meletus di Pulau Atlantik, Pertama Kali dalam 50 Tahun

Kompas.com - 20/09/2021, 06:31 WIB
Lava mengalir dari letusan gunung berapi di pulau La Palma di Canaries, Spanyol, Minggu, 19 September 2021. AP PHOTO/JONATHAN RODRIGUEZLava mengalir dari letusan gunung berapi di pulau La Palma di Canaries, Spanyol, Minggu, 19 September 2021.

LOS LLANOS DE ARIDANE, KOMPAS.com - Sebuah gunung berapi di pulau La Palma di Samudra Atlantik Spanyol meletus Minggu (19/9/2021), setelah aktivitas seismik selama seminggu.

Pihak berwenang mendorong ribuan orang untuk mengevakuasi ketika aliran lahar menghancurkan rumah-rumah yang terisolasi dan mengancam akan mencapai pantai.

Letusan baru berlanjut hingga malam hari.

Baca juga: UNIK GLOBAL: Pemilik Warung Masukkan Narkoba Buat Pelanggan Ketagihan | Bocah 1 Tahun Hilang 3 Hari Ditemukan Minum Susu di Gunung

Institut Vulkanologi Kepulauan Canary melaporkan letusan awal tak lama setelah pukul 3 sore dekat ujung selatan pulau, yang melihat letusan terakhirnya pada 1971.

Gumpalan merah besar di atasnya dengan asap hitam-putih menyembur di sepanjang punggungan gunung berapi Cumbre Vieja, yang telah diamati dengan cermat oleh para ilmuwan setelah akumulasi lava cair di bawah permukaan dan beberapa hari gempa bumi kecil.

Víctor Torres, presiden Kepulauan Canary, mengatakan pada pukul 11 malam sekitar 5.000 orang dievakuasi dari rumah mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar, katanya, menemukan keluarga atau teman untuk menampung mereka. Sisanya berada di tempat penampungan.

La Palma, dengan populasi 85.000, adalah salah satu dari delapan pulau vulkanik di kepulauan Kepulauan Canary Spanyol di lepas pantai barat Afrika. Pada titik terdekatnya, pulau-pulau tersebut berjarak 100 kilometer (60 mil) dari Maroko.

Sebuah gempa berkekuatan M 4,2 tercatat sebelum letusan, terjadi di daerah yang dikenal sebagai Cabeza de Vaca di lereng barat menuju pantai.

Baca juga: Benarkah Penemuan Sepeda Dipicu Meletusnya Gunung Tambora?

Saat letusan berlanjut, setidaknya dua mulut magma terbuka, menyemburkan magma merah terang ke udara yang kemudian mengalir deras menuruni lereng gunung.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.