Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Peluru Dikirim ke Paus Fransiskus dalam Amplop Berprangko Perancis

Kompas.com - 10/08/2021, 12:22 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

ROMA, KOMPAS.com - Sebuah amplop berisi tiga peluru ditujukan kepada Paus Fransiskus, berhasil dicegat di dekat Milan, menurut laporan media Italia.

Amplop itu menampilkan prangko Perancis dan ditujukan kepada "Paus - Kota Vatikan, Piazza St Pietro di Roma," menurut surat kabar yang berbasis di Milan, Affaritaliani pada Senin (9/8/2021).

Baca juga: Paus Fransiskus Serukan Orang-orang untuk Istirahat dan Matikan Ponselnya

Polisi Italia mengatakan pada Senin (9/8/2021), karyawan layanan pos mencegat sebuah surat di fasilitas penyortiran Milan di Peschiera Borromeo. Aparat yang menerima laporan itu kemudian langsung menyita surat tersebut

“Surat yang diduga berisi tiga peluru dari pistol dan pesan yang menyinggung soal operasi keuangan di Vatikan. Surat itu juga memiliki alamat kediaman paus "Paus, Kota Vatikan, Lapangan Santo Petrus, Roma," menurut laporan AP.

Affaritaliani melaporkan, pihak kepolisian Italia kini masih melakukan investigasi terkait temuan itu.

Vatikan telah dihubungi oleh Newsweek untuk memberikan komentar.

Temuan ini menimbulkan ketakutan baru setelah Paus Fransiskus, menjalani operasi darurat pada Juli untuk mengangkat bagian dari usus besarnya dan menghabiskan 11 hari di fasilitas medis dalam pemulihan.

Baca juga: Operasi Usus Besar Sukses, Paus Fransiskus Pulang ke Vatikan

Pemimpin Gereja Katolik Roma berusia 84 tahun itu, kini telah kembali bekerja penuh waktu setelah operasi tersebut.

Menurut buku jadwal publiknya, Paus Fransiskus memimpin doa pada Minggu (8/8/2021) di Lapangan Santo Petrus di Kota Vatikan, lebih dari 500 mil dari tempat amplop itu ditemukan.

Paus Fransiskus dijadwalkan berangkat dalam perjalanan ke Budapest pada 12 Agustus, terbang dari Bandara Internasional Fiumicino Roma.

Dia diharapkan bertemu dengan para uskup Hongaria dan perwakilan Gereja dan Yahudi lainnya, sebelum berangkat ke Bratislava, Slovakia.

Baca juga: Paus Fransiskus Berencana Mengunjungi Korea Utara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com