Tiga Peluru Dikirim ke Paus Fransiskus dalam Amplop Berprangko Perancis

Kompas.com - 10/08/2021, 12:22 WIB
Dalam file foto Minggu, 4 Juli 2021 ini, Paus Fransiskus melambai kepada orang banyak ketika dia hendak membacakan doa Angelus dari balkon yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, di Vatikan. AP PHOTO/ALESSANDRA TARANTINODalam file foto Minggu, 4 Juli 2021 ini, Paus Fransiskus melambai kepada orang banyak ketika dia hendak membacakan doa Angelus dari balkon yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus, di Vatikan.

ROMA, KOMPAS.com - Sebuah amplop berisi tiga peluru ditujukan kepada Paus Fransiskus, berhasil dicegat di dekat Milan, menurut laporan media Italia.

Amplop itu menampilkan prangko Perancis dan ditujukan kepada "Paus - Kota Vatikan, Piazza St Pietro di Roma," menurut surat kabar yang berbasis di Milan, Affaritaliani pada Senin (9/8/2021).

Baca juga: Paus Fransiskus Serukan Orang-orang untuk Istirahat dan Matikan Ponselnya

Polisi Italia mengatakan pada Senin (9/8/2021), karyawan layanan pos mencegat sebuah surat di fasilitas penyortiran Milan di Peschiera Borromeo. Aparat yang menerima laporan itu kemudian langsung menyita surat tersebut

“Surat yang diduga berisi tiga peluru dari pistol dan pesan yang menyinggung soal operasi keuangan di Vatikan. Surat itu juga memiliki alamat kediaman paus "Paus, Kota Vatikan, Lapangan Santo Petrus, Roma," menurut laporan AP.

Affaritaliani melaporkan, pihak kepolisian Italia kini masih melakukan investigasi terkait temuan itu.

Vatikan telah dihubungi oleh Newsweek untuk memberikan komentar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Temuan ini menimbulkan ketakutan baru setelah Paus Fransiskus, menjalani operasi darurat pada Juli untuk mengangkat bagian dari usus besarnya dan menghabiskan 11 hari di fasilitas medis dalam pemulihan.

Baca juga: Operasi Usus Besar Sukses, Paus Fransiskus Pulang ke Vatikan

Pemimpin Gereja Katolik Roma berusia 84 tahun itu, kini telah kembali bekerja penuh waktu setelah operasi tersebut.

Menurut buku jadwal publiknya, Paus Fransiskus memimpin doa pada Minggu (8/8/2021) di Lapangan Santo Petrus di Kota Vatikan, lebih dari 500 mil dari tempat amplop itu ditemukan.

Paus Fransiskus dijadwalkan berangkat dalam perjalanan ke Budapest pada 12 Agustus, terbang dari Bandara Internasional Fiumicino Roma.

Dia diharapkan bertemu dengan para uskup Hongaria dan perwakilan Gereja dan Yahudi lainnya, sebelum berangkat ke Bratislava, Slovakia.

Baca juga: Paus Fransiskus Berencana Mengunjungi Korea Utara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.