Gertak Rusia dan China, AS Gelar Latihan Militer Terbesar dalam 40 Tahun

Kompas.com - 04/08/2021, 12:44 WIB
Kapal milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Angkatan Laut Turki menggelar latihan gabungan di Laut Hitam pada Kamis (11/2/2021). TWITTER @USNavyEuropeKapal milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Angkatan Laut Turki menggelar latihan gabungan di Laut Hitam pada Kamis (11/2/2021).

NAPLES, KOMPAS.com – Amerika Serikat (AS) memulai latihan angkatan laut dan amfibi besar-besaran pada Selasa (3/8/2021).

Latihan itu dianggap sebagai latihan yang terbesar dalam 40 tahun terakhir sebagaimana dilansir The Stars and Stripes.

Menurut para analis, latihan tersebut bertujuan untuk mengirim pesan ke Rusia dan China bahwa AS dapat menjawab agresi di berbagai bidang secara bersamaan.

Baca juga: Ancaman Kim Yo Jong jika Korsel Jadi Latihan Militer bersama AS

Latihan yang dinamakan Large Scale Exercise (LSE) 2021 tersebut juga dianggap sebagai kembalinya latihan era Perang Dingin pada 1980-an.

Armada Ke-6 Angkatan Laut AS mengumumkan, latihan tersebut menunjukkan tekad dan kemampuan baru Washington dalam menghadapi tantangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Latihan itu digelar saat militer AS memperbarui doktrin tempurnya dalam mempertahankan diri dari serangan terhadap sistem komunikasi dan jaringan logistiknya.

Wakil Kepala Staf Gabungan AS mengatakan, pada Oktober 2020, AS menggelar simulasi pertempuran melawan musuh kelas atas.

Baca juga: China-Rusia Gelar Latihan Militer Skala Besar, 10.000 Tentara Terlibat

Dalam simulasi tersebut, terungkap kerentanan sehingga mendorong “Negeri Paman Sam” untuk memperbarui doktrin tempurnya.

Angkatan Laut AS menuturkan, LSE 2021 bakal berlangsung hingga 16 Agustus dan akan mencakup unit di 17 zona waktu yang berbeda.

Komandan Armada ke-6 AS Laksamana Madya Gene Black berujar, LSE 2021 juga akan menguji para komandan pasukan di seluruh spektrum perang angkatan laut dari taktis hingga strategis.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.