Seorang Pria Palestina Tewas di Penjara Israel Setelah Dipukuli Saat Perayaan Idul Adha

Kompas.com - 28/07/2021, 07:37 WIB
Ilustrasi sel tahanan. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi sel tahanan.

YERUSALEM, KOMPAS.com - Seorang pria Palestina tewas di penjara Israel, yang dicurigai karena dipukuli oleh petugas penjaga secara brutal.

Abdo Yusuf Al-Khatib Al-Tamimi (43 tahun) tewas di pusat penjara Moskabiya, yang juga dikenal sebagai Russian Compound di barat Yerusalem pada 23 Juli.

Al-Tamimi, ayah 4 anak, dari kamp pengungsi Shuafat di Yerusalem Timur yang diduduki, ditangkap beberapa hari sebelumnya karena pelanggaran kecil lalu lintas.

Baca juga: Bawa Sebatang Besi, Warga Palestina Dibunuh Tentara Israel

Istrinya yang sedang hamil, Rana, mengatakan para narapidana lain memberitahu keluarga Al-Tamimi bahwa ia dipukuli oleh pasukan Israel sebelum ia meninggal.

"Keluarga kami menerima telpon dari para tahanan lain di sel yang berdekatan di Moskabiyah, bahwa mereka mendengar Al-Tamimi berteriak dan suara pukulan menghujaninya, sebelum dia tidak ada suaranya lagi," ujar Rana kepada Al Jazeera pada Selasa (27/7/2021).

"Dia pegi masuk penjara dalam keadaan sehat, tidak ada masalah kesehatan," ungkap Rana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ama Taha, ibu Rana, mengutip kabar dari tahanan lainnya bahwa ada perlawanan dari Al-Tamimi terhadap penjaga penjara sebelum ia diserang.

Baca juga: 146 Warga Palestina Luka-luka dalam Bentrok dengan Tentara Israel di Tepi Barat

"Abdo bersama tiga tahanan lainnya bertakbir, karena saat itu Idul Adha, dan kemudian diberitahu oleh penjaga penjara bahwa itu tidak boleh," kata Taha kepada Al Jazeera.

"Menantu laki-laki saya mendebatnya dan perdebatan itu meningkat sampai ia dipisahkan dari 3 tahanan lainnya dan dibawa ke sel terpisah," ujarnya.

Setelah itu, ketiga tahanan tersebut mendengar suara teriakan Al-Tamimi, sebelum tiba-tiba hening dan dikabarkan ia tewas.

Halaman:

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.