Putin: Rusia Bisa Deteksi Musuh di Mana Pun dan Melancarkan Serangan

Kompas.com - 28/07/2021, 06:33 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putinmengamati latihan militer Vostok-2018 di Tsugol tidak jauh dari perbatasan China dan Mongolia pada 13 September 2018. (Photo by Alexey NIKOLSKY / SPUTNIK / AFP) ALEXEY NIKOLSKYPresiden Rusia Vladimir Putinmengamati latihan militer Vostok-2018 di Tsugol tidak jauh dari perbatasan China dan Mongolia pada 13 September 2018. (Photo by Alexey NIKOLSKY / SPUTNIK / AFP)

MOSKWA, KOMPAS.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, angkatan laut Rusia dapat mendeteksi musuh dan meluncurkan serangan yang tidak dapat dicegah jika diperlukan.

Pemimpin Rusia berusia 68 tahun tersebut mengatakan hal itu saat menghadiri parade peringatan 325 tahun Angkatan Laut Rusia di St Petersburg.

Melansir Sky News, Selasa (27/7/2021), parade tersebut juga dihadiri oleh kapal-kapal dari angkatan laut Iran, Pakistan, dan India.

Baca juga: Putin: Rusia-AS Punya Kepentingan Bersama tentang Perubahan Iklim

“Kami mampu mendeteksi musuh di bawah air, di atas air, di udara, dan jika diperlukan, melakukan serangan yang tidak dapat dicegah terhadapnya,” kata Putin.

Parade tersebut juga berlangsung di sejumlah pangkalan Angkatan Laut Rusia, seperti Severomorsk, Caspiisk, Baltiisk, Sevastopol, dan Vladivostok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pangkalan angkatan laut Rusia di Tartus, Suriah, juga menggelar acara serupa.

Kapal fregat milik Iran, Sahand, dan kapal Makran tampak berlayar menyusuri Sungai Neva dalam parade di St Petersburg.

Baca juga: Putin Berencana Caplok Donbass, Kobarkan Perang Lawan Ukraina?

Kedua kapal tersebut menarik perhatian pengamat angkatan laut karena pelayaran mereka yang luar biasa jauh dari Iran ke Rusia.

Diberitakan sebelumnya, pada Juni, satu unit kapal perusak Inggris, HMS Defender, berlayar di Laut Hitam dekat Crimea.

Dalam pelayaran tersebut, kapal Rusia memberikan tembakan peringatan dan pesawat Rusia menjatuhkan bom di jalur HMS Defender.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.