Masyarakat Terkejut Meteor Jatuh di Atas Langit Malam Norwegia

Kompas.com - 26/07/2021, 11:46 WIB
Ilustrasi meteorit, meteor jatuh ke Bumi ShutterstockIlustrasi meteorit, meteor jatuh ke Bumi

OSLO, KOMPAS.com - Warga Norwegia dibuat terkejut dengan meteor jatuh yang bersinar di atas langit malam pada Minggu (25/7/2021).

Sejumlah video beredar menunjukkan kilatan cahaya yang sangat terang di Norwegia, yang digambarkan oleh saksi sebagai seperti ledakan.

Polisi Norwegia mengatakan mereka menerima banyak panggilan darurat dari masyarakat yang khawatir tentang dampak kehancuran dari meteor jatuh. Namun, tidak ada laporan dampak kerusakan atau korban.

Baca juga: [VIDEO] Meteor Meledak Tengah Malam di Langit Jepang, Terangi Seisi Kota

Sebuah tim ahli sedang berburu meteorit, yang mereka yakini mendarat di hutan dekat ibu kota Oslo.

Meteor adalah batu ruang angkasa yang menyala terang, setelah memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi. Ia dikenal sebagai meteorit, jika meteor tidak habis terbakar dan mencapai permukaan bumi.

Jaringan Meteor Norwegia mengatakan bola api yang muncul pada Minggu (25/7/2021) terlihat setidaknya selama 5 detik, setelah muncul sekitar pukul 01.00 waktu setempat (23.00 GMT).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Media Asing Ramai Beritakan Josua Jual Batu Meteor Senilai Rp 26 Miliar

Kecepatannya jatuh sekitar 16,3 km/detik (hampir 36.500 mph), meteor itu dapat dilihat di sebagian besar Skandinavia selatan, kata Jaringan Meteor Norwegia, seperti yang dilansir dari BBC pada Minggu (25/7/2021).

Astronot Norwegia Vegard Rekaa mengatakan kepada BBC bahwa saat meteor itu jatuh, istrinya sedang bangun. Dia mendengar suara "getaran di udara", sebelum sebuah ledakan terjadi yang ia duga ada suatu benda berat jatuh di dekat rumah.

Rekaa mengatakan, sebuah tim ahli telah dikirim ke daerah, di mana meteor jatuh itu diduga mendarat, tambahnya.

Penelitian awal menunjukkan bahwa batu ruang angkasa mungkin telah menghantam tanah di daerah berhutan yang disebut Finnemarka, sekitar 60 km di barat Oslo.

Baca juga: Pengakuan Lucu Remaja yang Ikut Misi Luar Angkasa Jeff Bezos

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.