Media Asing Ramai Beritakan Josua Jual "Batu Meteor" Senilai Rp 26 Miliar

Kompas.com - 19/11/2020, 18:05 WIB
Tangkapan layar dari berita Daily Mail tentang Josua Hutagalung yang menjual batu meteor senilai Rp 26 miliar. DAILY MAILTangkapan layar dari berita Daily Mail tentang Josua Hutagalung yang menjual batu meteor senilai Rp 26 miliar.

TAPANULI TENGAH, KOMPAS.com - Kisah Josua Hutagalung (33) yang menemukan dan menjual batu diduga meteor tak hanya viral di Indonesia, tapi juga sampai luar negeri.

Sejumlah media asing memberitakan fenomena temuan " batu meteor" di Tapanuli Tengah itu, antara lain Daily Mail (Inggris), New York Post (Amerika Serikat), dan 7News (Australia).

Josua yang menemukan batu pada 1 Agustus sekitar pukul 16.00 WIB itu mengaku menjualnya dengan banderol Rp 200 juta, dan oleh pembelinya meteorit diklaim bernilai 1,4 juta poundsterling (Rp 26 miliar).

"Saya tidak tahu, kalau batu itu terjual dengan harga segitu. Karena saya hanya menjual batu sekitar Rp 200 juta lebih. Sekitar segitu. Untuk pastinya, biarlah menjadi rahasia saya," kata Josua saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan seluler, Rabu (18/11/2020).

Baca juga: Kisah Josua yang Viral, Rumah Tertimpa Batu yang Diduga Meteor hingga Dapat Uang Rp 200 Juta

Daily Mail dalam pemberitaannya berjudul "Indonesian man becomes an instant millionaire as meteorite worth £1.4m crashes through his roof" pada Selasa (17/11/2020) menuliskan kronologi temuan batu yang diduga jatuh dari luar angkasa itu dan serba-serbinya.

"Sebongkah batu, seberat 2,1 kg, meninggalkan lubang besar di atap dan jatuh terkubur sedalam 15 cm di tanah sebelah rumah," tulis Daily Mail.

Disebutkan pula oleh media online yang diluncurkan pada 2003 itu, bahwa meteorit murni termurah harga jualnya mencapai 0,5-5 dollar AS (Rp 7.000-70.000) per gram, dan varian terlangkanya bisa mencapai 1.000 dollar AS (Rp 14,18 juta) per gram.

"Diperkirakan batu itu berumur 4,5 miliar tahun dan diklasifikasikan sebagai Chondrite berkarbon CM1/2, varietas yang sangat langka, bernilai sekitar 1,85 juta dollar AS (Rp 26,2 miliar), atau 857 dollar AS (Rp 12,14 juta) per gram," lanjut Daily Mail.

Baca juga: Harga Jual Rp 26 Miliar, Penemu Batu yang Diduga Meteor Dapat Uang Rp 200 Juta, Ini Ceritanya

Selain di Inggris, kisah Josua dan "batu meteor" juga jadi perbincangan di Amerika Serikat.

New York Post pada Rabu (18/11/2020) mengangkat kisahnya di artikel berjudul "Rare meteorite worth $2 million crashes through man’s roof".

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X