Kompas.com - 10/07/2021, 07:01 WIB
Komandan Angkatan Bersenjata Kolombia Jenderal Luis Fernando Navarro (tengah), Kepala Polisi Nasional Jenderal Jorge Luis Vargas (kanan), dan Komandan Tentara Jenderal Eduardo Zapateriro, dalam konferensi pers di Bogota, Kolombia, pada Jumat (9/7/2021), terkait dugaan terlibatnya sejumlah mantan tentara Kolombia dalam pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise. AP PHOTO/IVAN VALENCIAKomandan Angkatan Bersenjata Kolombia Jenderal Luis Fernando Navarro (tengah), Kepala Polisi Nasional Jenderal Jorge Luis Vargas (kanan), dan Komandan Tentara Jenderal Eduardo Zapateriro, dalam konferensi pers di Bogota, Kolombia, pada Jumat (9/7/2021), terkait dugaan terlibatnya sejumlah mantan tentara Kolombia dalam pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise.

BOGOTA, KOMPAS.com - Sebanyak 17 mantan tentara Kolombia diduga terlibat dalam pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise, kata kepala polisi nasional Kolombia, Jumat (9/7/2021).

Dua orang yang tewas ditembak polisi Haiti dan 15 lainnya dicurigai adalah eks tentara nasional Kolombia, yang keluar antara 2018-2020, ujar Jenderal Jorge Luis Vargas dalam konferensi pers, dikutip dari AFP.

Moise ditembak mati dalam serangan Rabu dini hari oleh 28 anggota regu pembunuh yang terdiri dari 26 orang Kolombia dan dua orang Amerika keturunan Haiti, menurut keterangan Pemerintah Haiti.

Istri presiden, Martine, terluka dalam insiden tersebut.

Baca juga: Pembunuhan Presiden Haiti, Kronologi dan Terduga Pelakunya

Namun otoritas Kolombia tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang karier 17 eks tentara tadi atau alasan keluarnya mereka.

Dua tersangka terbang dari Bogota ke Panama pada 6 Mei, dan dari sana melanjutkan ke Santo Domingo, ibu kota Republik Dominika, di mana mereka tinggal empat hari sebelum terbang ke Haiti, menurut Vargas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Warga Kolombia lainnya tiba di Republik Dominika - yang berbagi pulau Hispaniola dengan Haiti - pada 4 Juni dan melakukan perjalanan ke Port-au-Prince dua hari kemudian.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.