Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

17 Eks Tentara Kolombia Diduga Terlibat Pembunuhan Presiden Haiti

Dua orang yang tewas ditembak polisi Haiti dan 15 lainnya dicurigai adalah eks tentara nasional Kolombia, yang keluar antara 2018-2020, ujar Jenderal Jorge Luis Vargas dalam konferensi pers, dikutip dari AFP.

Moise ditembak mati dalam serangan Rabu dini hari oleh 28 anggota regu pembunuh yang terdiri dari 26 orang Kolombia dan dua orang Amerika keturunan Haiti, menurut keterangan Pemerintah Haiti.

Istri presiden, Martine, terluka dalam insiden tersebut.

Namun otoritas Kolombia tidak memberikan informasi lebih lanjut tentang karier 17 eks tentara tadi atau alasan keluarnya mereka.

Dua tersangka terbang dari Bogota ke Panama pada 6 Mei, dan dari sana melanjutkan ke Santo Domingo, ibu kota Republik Dominika, di mana mereka tinggal empat hari sebelum terbang ke Haiti, menurut Vargas.

Warga Kolombia lainnya tiba di Republik Dominika - yang berbagi pulau Hispaniola dengan Haiti - pada 4 Juni dan melakukan perjalanan ke Port-au-Prince dua hari kemudian.


Pemerintah Kolombia berkata, mereka memiliki informasi tentang keterlibatan empat perusahaan dalam tindakan kriminal tersebut, tapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Presiden Ivan Duque sebelumnya mengumumkan, Kolombia akan mengirim intel ke Haiti untuk membantu penyelidikan.

Kepala polisi Haiti Leon Charles mengatakan, tiga anggota regu pembunuh dibunuh oleh polisi dan 17 ditahan, delapan masih buron.

Surat kabar El Tiempo Kolombia melaporkan, tersangka yang ditangkap termasuk Manuel Antonio Grosso Guarin (40), salah satu tentara paling berpengalaman di negara itu.

Tahanan lainnya adalah Francisco Eladio Uribe, yang menurut rekannya, keluar dari dinas tentara pada 2019 setelah 20 tahun mengabdi.

Rekannya, yang diidentifikasi hanya sebagai Yuli, mengatakan kepada sebuah stasiun radio, bahwa Uribe direkrut oleh perusahaan keamanan yang menawarkan jasa pengawal.

https://www.kompas.com/global/read/2021/07/10/070122770/17-eks-tentara-kolombia-diduga-terlibat-pembunuhan-presiden-haiti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke