Kompas.com - 20/06/2021, 19:11 WIB
Tangkapan layar dari video karya seniman China, Song Ta, yang menjadi kontroversi karena membuat ranking kecantikan wanita. Video berdurasi berjam-jam ini berisi 5.000 potret wanita yang diurutkan berdasarkan daya tarik penampilannya, dan memicu kritik netizen setelah diputar oleh galeri seni OCAT Shanghai. DOK SONG TA via BBCTangkapan layar dari video karya seniman China, Song Ta, yang menjadi kontroversi karena membuat ranking kecantikan wanita. Video berdurasi berjam-jam ini berisi 5.000 potret wanita yang diurutkan berdasarkan daya tarik penampilannya, dan memicu kritik netizen setelah diputar oleh galeri seni OCAT Shanghai.

SHANGHAI, KOMPAS.com - Galeri seni yang disponsori pemerintah China di Shanghai pada Jumat (18/6/2021) meminta maaf, karena menampilkan karya yang mengurutkan ranking kecantikan ribuan wanita berdasarkan penampilan.

Galeri OCAT Shanghai berkata, sudah menghapus video berjudul Uglier and Uglier (Lebih Jelek dan Lebih Jelek) oleh seniman pria bernama Song Ta, karena tidak menunjukkan rasa hormat dan menyinggung para wanita.

Kantor berita AFP mewartakan, video berdurasi berjam-jam itu menampilkan sekitar 5.000 foto dan video wanita tanpa nama yang direkam di universitas.

Baca juga: Permaisuri Jingu: Sang Legenda Samurai Wanita Penakluk Korea

Wanita-wanita diberi peringkat numerik berdasarkan penilaian si seniman tentang daya tarik mereka.

Karya tersebut dipamerkan di beberapa ajang sejak 2013, dan memicu kecaman netizen setelah OCAT mempromosikannya secara online awal pekan ini.

Warganet China menyebut karya Song Ta itu misoginis dan melanggar privasi wanita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X