Ini Kendaraan Militer Pertama Buatan Malaysia, Namanya Tarantula

Kompas.com - 04/04/2021, 15:46 WIB
Kendaraan taktis (rantis) buatan dalam negeri pertama Malaysia, Tarantula. WIKIMEDIAKendaraan taktis (rantis) buatan dalam negeri pertama Malaysia, Tarantula.

PUTRAJAYA, KOMPAS.com – Malaysia meresmikan kendaraan militer lapis baja buatan dalam negeri pertamanya yang diberi nama Tarantula.

Peresmian Tarantula dilakukan di Wisma Perwira Tentera Darat, Malaysia, oleh Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob pada Jumat (2/4/2021).

Baca juga: Malaysia Segera Luncurkan Mobil Listrik Lokal Pertama, Harga di Bawah Rp 176 Juta

Melansir The Star, Jumat (2/4/2021), kendaraan lapis baja itu diklaim 100 persen buatan Malaysia dan diproduksi oleh Mildef International Technologies Sdn Bhd.

Mildef International Technologies Sdn Bhd mengkategorikan kendaraan militer tersebut sebagai High Mobility Armoured Vehicle (HMAV).

Tarantula merupakan kendaraan lapis baja berpenggerak roda empat. Ismail Sabri mengatakan, kendaraan lapis baja itu telah diselesaikan tiga bulan lalu.

Dia menambahkan, kendaraan militer tersebut dibuat oleh tim yang terdiri dari delapan insinyur dan lebih dari 100 staf Kementerian Pertahanan Malaysia (Mindef).

Baca juga: Pemain Sepak Bola Myanmar di Malaysia Dihukum karena Lakukan Hal Ini

Kementerian Pertahanan Malaysia menggelontorkan dana senilai 16 juta ringgit (Rp 56 miliar) untuk proyek tersebut yang mencakup penelitian dan pengembangannya.

"Ini buatan Malaysia. Saya sudah katakan (sebelumnya) Mindef akan fokus pada fakta bahwa para ahli di Malaysia mampu memproduksi senjata kita sendiri,” kata Ismail Sabri.

Dia menambahkan, dengan mampu memproduksi alat utama sistem pertahanan dari dalam negeri, Malaysia tidak bergantung dengan luar negeri.

Menurut Ismail Sabri, kendaraan lapis baja tersebut telah melalui berbagai evaluasi dan pengujian sesuai dengan standar militer internasional.

Baca juga: Polisi Malaysia Tangkap WNI yang Hendak Bunuh Mahathir Mohamad

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X