Presiden Trump Ampuni 73 Orang Sebelum Meninggalkan Gedung Putih

Kompas.com - 20/01/2021, 15:35 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara dengan pemilik restoran dan pelaku industri selama rapat penanganan virus corona di Ruang Jamuan Gedung Putih, Washington, pada 18 Mei 2020. REUTERS/LEAH MILLISPresiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara dengan pemilik restoran dan pelaku industri selama rapat penanganan virus corona di Ruang Jamuan Gedung Putih, Washington, pada 18 Mei 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump disebut sudah memberikan pengampunan terhadap 73 orang, beberapa jam sebelum dia meninggalkan Gedung Putih.

Daftar siapa saja yang diampuni, termasuk mereka yang hukumannya diringkankan, dirilis pada Rabu pagi waktu setempat.

Namun seperti diberitakan AFP (20/1/2021), tidak ada Trump maupun keluarganya yang berada dalam daftar tersebut.

Baca juga: Donald Trump Disebut Bakal Dirikan Partai Politik, Bakal Dinamai Partai Patriot

Salah satu sosok yang diampuni Trump adalah Steve Bannon, mantan penasihat senior Gedung Putih periode 20 Januari-18 Agustus 2017.

Bannon dituding sudah melakukan penipuan demi mendapatkan dana pembangunan tembok Meksiko, yang menjadi kebijakan utama Trump.

Dia pernah menjadi manajer kampanye sang presiden dalam Pilpres AS 2016, sebelum mendapatkan jabatan sebagai penasihat senior.

"Tuan Bannon dikenal sebagai figur penting dalam gerakan konservatif, dan dipuji atas kecerdasan politiknya," ulas Gedung Putih.

Sejumlah media AS mengabarkan, dia membuat pengampunan di detik-detik terakhir setelah berbicara dengan Bannon lewat telepon.

Mantan penggalang dana Trump, Elliott Broidy, juga diampuni setelah pada 2020 mengaku bersalah berkonspirasi melanggar hukum lobi asing.

Baca juga: Detik Terakhir Kepemimpinan Trump, Kasus Kematian akibat Covid-19 Lampaui 400.000

Rapper Lil Wayne juga masuk dalam daftar, setelah dia mengaku bersalah atas kepemilikan senjata api beserta amunisinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X