50 Negara Bagian AS Waspada Penuh Jelang Pelantikan Joe Biden

Kompas.com - 17/01/2021, 16:15 WIB
Tentara Garda Nasional tiba di Gedung Capitol beberapa hari setelah pendukung Presiden Donald Trump menyerbu gedung itu di Washington DC. REUTERS via VOA INDONESIATentara Garda Nasional tiba di Gedung Capitol beberapa hari setelah pendukung Presiden Donald Trump menyerbu gedung itu di Washington DC.

WASHINGON DC, KOMPAS.com - "Siapa pun harus menghindari area di sekitar Gedung Capitol dan Mall pekan ini selagi bisa," tulis Perwakilan Demokrat AS Don Beyer dari Virginia melalui Twitter.

Beyer menggambarkan bahaya nyata di sana dan situasi tegang dari para aparat keamanan yang berjaga, seperti yang dilansir dari Reuters pada Minggu (17/1/2021).

Semua 50 negara bagian AS dan District of Columbia (DC) waspada terhadap kemungkinan aksi kekerasan akhir pekan ini.

Kekhawatiran itu datang menjelang pelantikan presiden terpilih Joe Biden pada Rabu (20/1/2021) dan 10 hari lebih pasca-penyerbuan Gedung Capitol oleh massa pendukung Trump.

Puluhan penangkapan telah dilakukan sehubungan dengan penyerangan di gedung Capitol.

Pasukan Garda Nasional telah dikirim secara massal ke Washington DC, untuk mencegah terulangnya kerusuhan mematikan pada pekan lalu.

Baca juga: Amankan Pelantikan Joe Biden, 20.000 Garda Nasional Dikerahkan

FBI telah memperingatkan kemungkinan pawai bersenjata oleh pendukung Trump di semua 50 gedung DPR negara bagian.

Sebagian besar Washington DC akan dikunci menjelang pelantikan Rabu mendatang dengan ribuan pasukan Garda Nasional dikerahkan, sebagaimana yang dilansir dari BBC pada Minggu (17/1/2021).

Banyak jalan hingga beberapa mil dari Capitol, tempat kerusuhan yang mematikan pada 6 Januari, telah ditutup dengan penghalang beton dan pagar besi.

National Mall, yang biasanya dipadati ribuan orang untuk merayakan pelantikan, telah ditutup atas permintaan Secret Service, badan yang bertugas melindungi presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber BBC,REUTERS
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X