China Bagi-bagi Vaksin Corona Gratis, Filipina Akan Dapat 500.000 Dosis

Kompas.com - 17/01/2021, 15:36 WIB
Petugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Jumat (15/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPetugas kesehatan menerima suntikan vaksin corona buatan Sinovac di RSIA Tambak, Jakarta Pusat, Jumat (15/1/2021). Vaksin Sinovac telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan izin penggunaan darurat ini, vaksin CoronaVac produksi Sinovac Life Science Co.Ltd.China dan PT Bio Farma (Persero) dapat digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia.

MANILA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada Sabtu (16/1/2021) berjanji akan menyumbangkan 500.000 vaksin Covid-19 ke Filipina.

Janji itu ia sampaikan saat bertemu Menlu Filipina di Manila kemarin, menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Filipina.

Donasi vaksin virus corona akan tetap dilakukan, meski ada kekhawatiran warga Filipina terkait kemanjurannya.

Baca juga: Presiden Turki Erdogan Disuntik Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac

Sementara itu Pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte berupaya mencari pasokan vaksin corona untuk 110 juta rakyatnya.

Mereka dikritik karena dinilai terlalu lambat mencari vaksin Covid-19, padahal negara-negara lain sudah mulai melakukan penyuntikan.

Kemudian dilansir AFP, Filipina sebenarnya sudah sepakat membeli 25 juta dosis vaksin Sinovac, meski penggunaannya belum disetujui regulator China.

Baca juga: [VIDEO] Mengintip Fasilitas Pembuatan Vaksin Covid-19 di China

Belum diketahui vaksin corona mana yang akan disumbangkan China, dan apakah sumbangan itu termasuk bagian dari kesepakatan sebelumnya.

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X