Sering Mogok, Akhirnya Jerman Punya Pesawat Kenegaraan Baru

Kompas.com - 12/01/2021, 19:30 WIB
Menlu Jerman Heiko Maas melakukan penerbangan perdana dengan Kurt Schumacher. Via DW IndonesiaMenlu Jerman Heiko Maas melakukan penerbangan perdana dengan Kurt Schumacher.

BERLIN, KOMPAS.com - Setelah sering menjadi bahan lelucon karena kerap mogok, Jerman akhirnya punya pesawat kenegaraan baru buatan Airbus model A350.

Menlu Jerman Heiko Maas yang pertama kali menggunakannya, seperti yang dilansir dari DW Indonesia pada Senin (11/1/2021).

Pesawat Airbus tipe A350 yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan, melakukan penerbangan resmi perdana pada Minggu malam (10/1/2021) menuju Mesir, membawa Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas.

Pesawat kenegaraan Jerman yang baru itu diberi nama "Kurt Schumacher", tokoh politik Sosialdemokrat Jerman yang menjadi salah satu pendiri Republik Federal Jerman pasca Perang Dunia II.

Baca juga: Pemerintah Ukraina Bersumpah Tuntut Iran di Pengadilan Atas Kecelakaan Pesawat Penumpang

Pesawat baru itu akan menggantikan pesawat-pesawat lama yang sering mogok, dan tahun lalu sudah melakukan berbagai penerbangan uji coba, kata juru bicara Angkatan Udara Jerman Thorsten Weber, termasuk penerbangan non-stop antarbenua.

"Penerbangan non-stop ke Canberra. Jarak tempuh 17.000 kilometer. Penerbangannya 19 jam," kata Weber.

Ia menambahkan, "Pesawat baru ini bisa terbang lebih tinggi dan lebih cepat dari pada pesawat-pesawat kenegaraan sebelumnya. Jarak tempuhnya juga lebih jauh."

Baca juga: Sejumlah Negara Sampaikan Belasungkawa atas Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Pesan tiga pesawat kenegaraan baru

Pemerintah Jerman memesan tiga pesawat Airbus tipe A350-900 untuk mengganti pesawat kenegaraan lama.

Satu pesawat sekarang sudah selesai, dua yang lain akan rampung tahun 2022.

Pembaruan armada pesawat kenegaraan Jerman itu menelan biaya seluruhnya 1,2 miliar Euro (Rp 20,6 triliun).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X