Nelayan Perancis Ancam Blokir Kapal Inggris jika Kesepakatan Brexit Buntu

Kompas.com - 17/12/2020, 14:15 WIB
Kerugian ekonomi membayangi Inggris jika kesepakatan perdagangan bREXIT dengan Uni Eropa tidak tercapai sampai batas waktu yang ditentukan. 
DANIEL LEAL-OLIVASKerugian ekonomi membayangi Inggris jika kesepakatan perdagangan bREXIT dengan Uni Eropa tidak tercapai sampai batas waktu yang ditentukan.

PARIS, KOMPAS.com - Nelayan Eropa mengancam akan memblokir pelabuhan Calais dan menghentikan feri yang mengekspor barang-barang Inggris ke Uni Eropa (UE).

Hal itu akan dilakukan jika mereka dikeluarkan dari perairan Inggris pada Tahun Baru, menyusul keluarnya London dari Uni Eropa (Brexit).

Melansir Business insider Rabu (16/12/2020), Perancis, Belgia, dan Belanda akan jadi salah satu negara UE yang paling terkena dampak dari tidak tercapainya perjanjian perdagangan bebas Brexit.

Jika kesepakatan belum tercapai sebelum akhir periode transisi Brexit, maka sejak 1 Januari industri perikanan mereka akan kehilangan akses ke Perairan Inggris secara langsung.

Komite perikanan regional Normandy, memeringatkan dalam skenario ini, nelayan Perancis akan mencoba menghentikan feri yang mengangkut barang-barang Inggris dari berlabuh di Calais.

Hal itu akan secara efektif memutus rute utama Inggris ke mitra dagang terbesarnya.

Baca juga: PM Inggris Akui Kesepakatan Dagang Brexit dengan Uni Eropa Masih Jauh

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika kami kehilangan wilayah penangkapan ikan kami, kami tidak akan melihat Inggris memasok pasar Perancis," kata kepala komite perikanan regional Normandy Dimitri Rogoff, kepada stasiun radio Perancis.

"Oleh karena itu akan ada penyumbatan feri di pelabuhan. Karena ini (pemblokiran) terutama dilakukan oleh feri. Dan mengenai itu, kami sangat yakin dan bertekad."

Dia mengharapkan para nelayan di Belanda dan Belgia untuk mengambil tindakan yang sama.

Indikasi terbaru memperlihatkan bahwa hasil tanpa kesepakatan dapat menyebabkan kekacauan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Selat Inggris.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.