Deretan Kasus Serangan Terorisme yang Membunuh Sejumlah Warga di Perancis

Kompas.com - 29/10/2020, 19:12 WIB
Anggota polisi berbaris di depan markas kepolisian di Paris, Perancis. AFP / ERIC FEFERBERGAnggota polisi berbaris di depan markas kepolisian di Paris, Perancis.

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah serangan dengan pisau telah membunuh 3 orang dan melukai beberapa lainnya di sebuah gereja di Nice, Perancis pada Kamis (29/10/2020).

Peristiwa itu digambarkan oleh wali kota Nice sebagai terorisme, yang terjadi kurang dari dua pekan setelah terjadi serangan pemenggalan kepala seorang guru sekolah menengah bernama Samuel Paty oleh seorang pria asal Chechnya.

Penyerang Paty, Abdoullakh Anzorov, mengatakan dia ingin menghukumnya karena menunjukkan kartun Nabi Muhammad kepada murid-muridnya dalam pelajaran kewarganegaraan.

Sebelum dua kejadian itu, telah terjadi beberapa penyerangan di Perancis selama beberapa tahun terakhir yang disebut sebagai aksi terorisme oleh pemerintah Perancis.

Berikut deretan kasusnya, yang dilansir dari Reuters pada Kamis (29/10/2020):

Baca juga: Penjaga Konsulat Perancis di Jeddah Ditikam Seorang Warga Arab Saudi

25 September 2020

Dua orang ditikam dan terluka di Paris pada 25 September tahun ini di dekat bekas kantor majalah satir Charlie Hebdo, tempat militan Islam melakukan serangan mematikan pada 2015.

Seorang pria yang berasal dari Pakistan ditangkap atas serangan pertengan September itu.

3 Oktober 2019

Mickael Harpon, seorang spesialis IT berusia 45 tahun dengan izin keamanan untuk bekerja di markas polisi Paris, membunuh 3 petugas polisi dan 1 pegawai sipil sebelum ditembak mati oleh polisi.

Dia dilaporkan telah masuk Islam sekitar 10 tahun sebelumnya.

Baca juga: 3 Korban Tewas dalam Penyerangan Pisau di Perancis, Salah Satunya Dipenggal

23 Maret 2018

Seorang pria bersenjata membunuh 3 orang di barat daya Perancis setelah mengangkat sebuah mobil, menembaki polisi, dan melakukan menyanderaan di supermarket.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X