Selama Berbulan-bulan, Ada 20 Cacing di Mata Pria Ini

Kompas.com - 26/10/2020, 23:09 WIB
Wan, seorang pria di Provinsi Jiangsu, China, ketika dioperasi oleh tim dokter. Dokter mengeluarkan sekitar 20 ekor cacing yang berada di mata Wan selama berbulan-bulan. Newsflash via The SunWan, seorang pria di Provinsi Jiangsu, China, ketika dioperasi oleh tim dokter. Dokter mengeluarkan sekitar 20 ekor cacing yang berada di mata Wan selama berbulan-bulan.

SUZHOU, KOMPAS.com - Seorng pria di China harus menjalani pembedahan di mata karena merasa ada yang mengganjal, di mana penyebabnya ternyata adalah cacing.

Dokter mengeluarkan 20 ekor makhluk itu dari matanya, setelah si lelaki memutuskan ke rumah sakit karena merasa ada benda asing selama berbulan-bulan.

Prosedur operasi itu dilaporkan terjadi di Rumah Sakit Kota Suzhou, Provinsi Jiangsu yang berlokasi di kawasan timur China.

Baca juga: Kisah-kisah Mereka yang Berhasil Bangkit di Tengah Pandemi, Ternak Cacing hingga Jual Ikan Cupang

Si pria, diidentifikasi hanya bernama Tuan Wan, mengungkapkan awalnya dia merasakan sensasi seperti ada "tubuh lain" di mata selama berbulan-bulan.

Dia awalnya mengira bahwa gejala yang dia rasakan diakibatkan dia kelelahan, sehingga dia tidak terlalu menganggapnya serius.

Namun seiring waktu, sensasi yang dirasakannya makin menjadi sehingga Wan memutuskan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit Suzhou.

Oleh Dokter Xi Ting, Wan menjalani pemeriksaan, di mana terungkap rasa tidak nyaman yang terjadi karena adanya hewan pipih itu.

Dilansir The Sun Senin (26/10/2020), tim medis yang mengoperasi Wan sejauh ini mengeluarkan nematoda yang dikenal sebagai cacing gelang itu.

Nematoda tersebut dilaporkan bisa masuk ke tubuh melalui kulit atau mulut. Ketika berada di dalam, mereka bisa bergerak ke seluruh organ, termasuk mata.

Binatang ini merupakan parasit di kantung konjungtiva dan saluran air mata anjing, kucing, termasuk juga kelinci dan manusia.

Dokter pun meminta kepada publik, terutama yang memelihara hewan, agar menjaga kebersihan dan memastikan nematoda itu tak bisa menjangkiti orang.

Dokter Xi juga menyerukan kepada masyarakat yang punya gejala seperti penglihatan buram untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

Baca juga: Cerita Rian Raup Jutaan Rupiah dari Ternak Cacing, Berawal Pekerjaan Terdampak Pandemi


Sumber The Sun
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X