Militer Temukan Terowongan Bawah Tanah yang Dapat Menembus Israel

Kompas.com - 21/10/2020, 08:45 WIB
Ilustrasi terowongan bawah tanah di Gaza BBC IndonesiaIlustrasi terowongan bawah tanah di Gaza

JALUR GAZA, KOMPAS.com – Israel menyatakan telah menemukan terowongan bawah tanah baru dari Jalur Gaza yang dapat menembus wilayah Israel.

Pihak militer Israel mengatakan para insinyurnya berhasil menemukan terowongan tersebut menggunakan sensor bawah tanah yang terpasang pada penghalang beton.

Mereka menambahkan jika terowongan tersebut selesai, maka panjangnya akan mencapai 65 kilometer sebagaimana dilansir dari Asharq Al-Awsat, Selasa (20/10/2020).

Militer Israel menuduh warga Palestina menggunakan terowongan bawah tanah untuk menyelundupkan segala macam barang komersial di Jalur Gaza.

Baca juga: PBB: Warga Gaza Mengais Sampah Demi Mendapatkan Makanan

Mereka juga menuduh terowongan tersebut digunakan untuk mendistribusikan senjata bagi milisi Hamas yang berkuasa di Jalur Gaza.

Milisi Hamas juga menggunakan terowongan tersebut untuk melancarkan serangan di dalam wilayah Israel.

Terowongan bawah tanah dianggap sebagai akses karena Israel memblokir Jalur Gaza baik melalui blokadi darat maupun blokade laut.

Juru Bicara Militer Israel Jonathan Conricus mengatakan terowongan baru itu berasal dari Kota Khan Younis di Gaza selatan.

Baca juga: PBB: Israel Hancurkan Lebih dari 500 Bangunan Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza pada 2020


Dia menambahkan terowongan tersebut membentang melintasi Israel sebelum berakhir di bawah tanah dan mencapai menghalang.

"Kami belum melihat titik keluar dari terowongan. Jadi, Anda dapat menyimpulkan bahwa tujuannya bukan agar teroris muncul dari lokasi itu, tetapi lebih jauh di dalam Israel,” kata Conricus .

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X