Bahrain dan Israel Tanda Tangani Kerja Sama Bilateral di Manama

Kompas.com - 19/10/2020, 07:43 WIB
Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif Al Zayani menyampaikan pernyataan setibanya delegasi Israel didampingi Menteri Keuangan AS, di Muharraq, Bahrain, Minggu, 18 Oktober 2020. Delegasi gabungan Amerika-Israel menuju Bahrain, Minggu, di mana Bahraini dan Pejabat Israel akan menandatangani sejumlah perjanjian bilateral menyusul pengumuman bulan lalu untuk menormalisasi hubungan. AP/Ronen ZvulunMenteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif Al Zayani menyampaikan pernyataan setibanya delegasi Israel didampingi Menteri Keuangan AS, di Muharraq, Bahrain, Minggu, 18 Oktober 2020. Delegasi gabungan Amerika-Israel menuju Bahrain, Minggu, di mana Bahraini dan Pejabat Israel akan menandatangani sejumlah perjanjian bilateral menyusul pengumuman bulan lalu untuk menormalisasi hubungan.

MANAMA, KOMPAS.com - Seusai mendeklarasikan perdamaian, Bahrain dan Israel menandatangani perjanjian bersejarah tentang normalisasi hubungan diplomatik mereka di Manama, Bahrain, Minggu (18/10/2020).

Melansir kantor berita Bahrain, perjanjian tersebut mencakup hubungan ekonomi dan perdagangan, telekomunikasi, perdagangan layanan udara, pergerakan manusia, perbankan dan jasa keuangan, juga kerja sama antarkementerian luar negeri dan bidang-bidang lainnya yang saling menguntungkan.

Baca juga: Setelah UEA dan Bahrain, Oman dan Sudan Dikabarkan akan Berdamai dengan Israel

Selain itu, menurut Gulf News, para delegasi bertemu untuk membahas berbagai bidang tambahan untuk kerja sama potensial, termasuk penerbangan, perawatan kesehatan, teknologi, pariwisata, dan pertanian, serta membahas untuk merencanakan hubungan bilateral mereka.

Pertemuan ini merupakan kelanjutan dari perjanjian pada 11 September lalu antara Bahrain dan Israel untuk membuka era kerja sama antara kedua negara.

Sebelumnya, delegasi masing-masing negara juga telah melakukan penandatanganan Deklarasi Perdamaian di Washington pada 15 September lalu.

Baca juga: Hamas Ancam Eskalasi Militer ke Israel karena Perjanjian Damai UEA, Bahrain dengan Israel

Bendera nasional Bahrain, Israel dan Amerika dilampirkan pada pesawat pembawa bendera Israel El Al yang akan menerbangkan delegasi Israel, ditemani oleh para ajudan AS, ke Bahrain untuk meresmikan hubungan dan memperluas kerja sama Teluk, di bandara Ben Gurion di Lod, dekat Telp. Aviv, Israel Minggu, 18 Oktober 2020. AP/Ronen Zvulun Bendera nasional Bahrain, Israel dan Amerika dilampirkan pada pesawat pembawa bendera Israel El Al yang akan menerbangkan delegasi Israel, ditemani oleh para ajudan AS, ke Bahrain untuk meresmikan hubungan dan memperluas kerja sama Teluk, di bandara Ben Gurion di Lod, dekat Telp. Aviv, Israel Minggu, 18 Oktober 2020.

Kunjungan bersejarah

“Ini benar-benar kunjungan bersejarah, untuk mulai membuka hubungan kedua negara, memiliki hubungan bilateral yang bermanfaat di kedua bidang,” kata Menteri Luar Negeri Bahrain, Abdullatif Al Zayani, dikutip Associated Press (AP) pada acara penandatanganan kesepakatan kerja sama.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan penasihat keamanan nasional Perdana Menteri Israel Meir Ben-Shabbat tampak memimpin delegasi.

“Hari ini kami membuat langkah formal pertama dalam mendekatkan hubungan antar-negara,” kata Ben-Shabbat. "Kami diterima dengan tangan terbuka, dengan kehangatan dan keramahan.”

Baca juga: Setelah UEA dan Bahrain, Trump Berharap Arab Saudi Berdamai dengan Israel

“Ini merupakan langkah penting dalam stabilitas kawasan, dalam membawa kemakmuran bagi semua orang di kawasan dan di negara-negara,” tambah Mnuchin.

Perjanjian Israel dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain telah menandai kemenangan diplomatik untuk pemerintahan Trump dan juga untuk Netanyahu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X