Orang Pertama yang Sembuh dari HIV Kini Kritis karena Kanker

Kompas.com - 26/09/2020, 13:31 WIB
Foto tertanggal 4 Maret 2019 menampilkan Timothy Ray Brown saat difoto di Seattle. Brown adalah orang pertama yang sembuh dari HIV. AP PHOTO/MANUEL VALDESFoto tertanggal 4 Maret 2019 menampilkan Timothy Ray Brown saat difoto di Seattle. Brown adalah orang pertama yang sembuh dari HIV.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Timothy Ray Brown orang Amerika Serikat (AS) yang pernah dikenal sebagai "Pasien Berlin" dan pada 2008 menjadi orang pertama sembuh HIV, kini menderita kanker stadium akhir.

"Timothy tidak kritis karena HIV, untuk memperjelas," kata kekasihnya Tim Hoeffgen kepada aktivis dan penulis Mark King, yang menerbitkan tulisan di blog tentang masalah itu pada Selasa (22/9/2020).

"HIV tidak ditemukan dalam aliran darahnya sejak dia sembuh. Itu sudah hilang. Ini dari leukemia. Ya Tuhan, saya benci kanker," tambah Hoeffgen dikutip dari AFP.

Baca juga: Seorang Tersangka Penyelenggara Pesta Seks Sesama Jenis di Apartemen Terkena HIV

King berkata ke AFP, dia telah menghubungi sepasang suami istri itu melalui telepon pada Sabtu pekan lalu (19/7/2020).

Brown (54) melakukan rawat jalan di rumahnya di Palm Springs, California.

"Saya akan terus berjuang sampai saya tidak bisa berjuang lagi," ucap Brown kepada King.

Brown membuat sejarah medis dan mejadi harapan bagi puluhan juta orang yang menjadi ODHA (Orang dengan HIV/ AIDS), saat ia sembuh lebih dari 10 tahun yang lalu.

Baca juga: Dinkes Nunukan Akui 2 Penderita HIV/AIDS Meninggal karena Terlambat Temukan Kasus

Dia sedang menempuh studi di Berlin pada 1995 saat mengetahui dirinya terinfeksi.

Kemudian pada 2006 dia didiagnosis menderita leukemia, kanker yang menyerang darah dan sumsum tulang.

Untuk mengobati leukemia, dokternya di Free University of Berlin menggunakan transplantasi sel induk dari seorang donor, yang memiliki mutasi genetik langka dan memberinya kekebalan alami terhadap HIV.

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X