Kim Jong Un Bakal Pamerkan Senjata Terbaru Milik Korea Utara

Kompas.com - 19/09/2020, 17:04 WIB
Foto yang dirilis kantor berita Korea Utara, KCNA, bertanggal 8 Februari 2018, menunjukkan misil Korea Utara, Hwasong-12, dalam parade militer di Pyongyang. AFP / KCNA via KNSFoto yang dirilis kantor berita Korea Utara, KCNA, bertanggal 8 Februari 2018, menunjukkan misil Korea Utara, Hwasong-12, dalam parade militer di Pyongyang.

PYONGYANG, KOMPAS.com – Para ahli berpendapat bahwa Kim Jong Un akan memamerkan senjata terbaru milik Korea Utara dalam beberapa pekan mendatang.

Kecurigaan tersebut berlandaskan atas latihan militer yang digelar untuk mempersiapkan parade militer dalam rangka perayaan ulang tahun Partai Buruh bulan depan.

Beberapa pengamat mengatakan Korea Utara mekungkinan memanfaatkan parade militernya untuk memamerkan rudal terbesar yang mereka miliki untuk pertama kalinya sejak 2018.

Foto satelit juga menunjukkan "kesibukan" baru di pangkalan Sinpo South Shipyard, di mana kapal selam dibangun sebagaimana dilansir dari Mirror, sabtu (19/9/2020).

Baca juga: Curiga Masker Dibuat di Korea Selatan, Kim Jong Un Kembalikan ke China

"Kami memantau perkembangan, karena ada kemungkinan akan dilakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam," kata Panglima Militer Korea Selatan yang baru menjabat, Won In-choul.

Para ahli mengatakan dorongan dari Korea Utara untuk memperoleh rudal yang diluncurkan dari kapal selam adalah perkembangan yang mengkhawatirkan.

Pasalnya, rudal akan sangat sulit untuk dideteksi sebelum diluncurkan.

Sebuah sumber mengatakan kepada Daily NK bahwa galangan kapal "dipenuhi dengan kegiatan untuk mempersiapkan peluncuran rudal balistik".

Baca juga: Selama 90 Menit, Anak-anak Korea Utara Disuruh Belajar soal Kim Jong Un

Dave Schmerler, seorang peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies, mengatakan ada tanda-tanda pekerjaan sedang dilakukan pada barkas rudal tersebut.

Pada 4 September, pusat kajian strategis dan internasional yang berbasis di Amerika Serikat ( AS) tersebut mengatakan citra satelit menunjukkan aktivitas di Sinpo yang "sugestif, tetapi tidak meyakinkan, dari persiapan untuk uji coba rudal balistik yang akan datang".

Halaman:

Sumber Mirror
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X