Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: April 2021 Semua Warga AS Sudah Dapat Vaksin Corona

Kompas.com - 19/09/2020, 16:22 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Jumat (18/9/2020) berekspektasi ada cukup vaksin Covid-19 "untuk semua orang Amerika" pada April 2021.

Ia menambahkan, dosis pertama akan didistribusikan segera setelah persetujuan akhir tahun ini.

Presiden ke-45 AS itu mengklaim "kemajuan bersejarah" dengan tiga vaksin berada dalam tahap akhir pengembangan dan uji coba.

Baca juga: Terimbas Pandemi, Kekayaan Trump Anjlok Rp 8,8 Triliun

Trump berkata setidaknya 100 juta dosis akan diproduksi akhir tahun ini, dan mungkin lebih.

"Ratusan juta dosis akan tersedia setiap bulan, dan kami berharap memiliki cukup vaksin untuk semua orang Amerika pada April," katanya dikutip dari AFP.

Suami Melania Trump itu juga berjanji mengeluarkan vaksin sesegera mungkin dengan berkata, "Saya rasa distribusi akan berjalan lebih cepat daripada yang dipikirkan banyak orang."

Baca juga: Hakim Agung AS Ini Meninggal, Dampaknya ke Pertarungan Politik Trump dan Joe Biden

Vaksin dipandang sebagai salah satu metode terbaik untuk menghentikan penyebaran virus corona, yang telah menewaskan lebih dari 950.000 orang di seluruh dunia, termasuk 203.000 korban jiwa di AS.

Politisi berusia 74 tahun itu menghadapi jalan terjal di pilpres tahun ini, dan sudah berulang kali menyatakan dia berharap vaksin yang aman dan efektif disetujui dalam beberapa minggu ke depan, bahkan jelang pilpres 3 November.

Namun optimisme Trump itu dipertanyakan oleh pejabat tinggi kesehatan pemerintah minggu ini.

Baca juga: Trump Kena Kasus Pelecehan Seksual Lagi, Model Ini Mengaku Diraba dan Dicium Paksa

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Robert Redfield di hadapan anggota parlemen pada Rabu (16/9/2020) berkata, distribusi "sangat terbatas" ke kelompok prioritas, termasuk pekerja di garis depan, dapat dimulai pada November dan Desember.

Namun Redfield menerangkan, penerapannya akan memakan waktu setidaknya berbulan-bulan.

"Saya pikir kita mungkin melihat akhir kuartal kedia, kuartal ketiga 2021," sebelum vaksin yang aman dan efektif tersedia secara luas untuk masyarakat umum, tambahnya.

Baca juga: Pernyataan Trump soal Vaksin Covid-19 Berbeda dengan Pakar Kesehatan AS

Rival Trump dari Partai Dmeokrat, Joe Biden, juga meragukan waktu yang ditetapkan Trump dan berujar dalam kampanyenya di Pennsylvania, bahwa dia tidak percaya Trump mengurusi vaksin tanpa campur tangan politik.

"Saya tidak mempercayai presiden soal vaksin," kata Biden, seraya menjelaskan dia lebih percaya dengan pakar penyakit menular dari pemerintah, Anthony Fauci.

"Kalau Fauci bilang vaksin itu aman, saya akan ambil vaksinnya."

Baca juga: CDC AS Berharap Vaksin Covid-19 Bisa Pulihkan Rutinitas pada 2021

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com