Selamatkan Keluarga, Remaja Ini Berkendara Lewati Api Kebakaran Hutan California

Kompas.com - 12/09/2020, 12:02 WIB
Ruben Navarrete, remaja 14 tahun yang dipuji karena membawa menyetir melewati api untuk membantu keluarganya menyelamatkan diri dari kebakaran hutan California. Sky NewsRuben Navarrete, remaja 14 tahun yang dipuji karena membawa menyetir melewati api untuk membantu keluarganya menyelamatkan diri dari kebakaran hutan California.

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Seorang remaja 14 tahun menuai pujian, setelah dia menyelamatkan keluarganya dengan berkendara melewati kebakaran hutan California.

Ruben Navarrete dipaksa belajar menyetir selama dua hari ketika api terus membesar di rumah mereka di Cold Springs Rancheria of Mono Indians.

Kebakaran Creek, begitu api itu disebut, melahap Hutan Nasional Sierra sejak Jumat pekan lalu (4/9/2020). Menghanguskan 71.000 hektar.

Baca juga: Kebakaran Hutan di California, Bocah 1 Tahun Jadi Korban Tewas

Ruben, yang hidup bersama paman, bibi, tiga sepupunya, dan adiknya langsung diajari mengemudi sebagai pencegahan ketika keluarga dia bersiap melakukan evakuasi.

Pada Senin (7/9/2020), mereka mulai bergerak menyelamatkan diri dengan remaja 14 tahun itu bertanggung jawab di belakang kemudi.

Dia kebagian menyetir Chevrolet dan membawa adiknya. Bibinya Jamie membawa Kia SUV, sementara si paman Josh mengemudikan pikap keluarga.

Dilansir Sky News Jumat (11/9/2020), Ruben mengungkapkan dia menyetir dengan dikelilingi api rasanya "berada dalam video game".

"Ketika sudah tiba waktunya bagi saya untuk membawa kendaraan itu, saya awalnya begitu takut," ujar Ruben sebagaimana diwartakan AFP.

Namun, begitu dia sudah menyetir sejauh 32 kilometer, dia merasa jauh lebih tenang. Mereka kini tinggal di hotel Clovis berkat bantuan Palang Merah.

Baca juga: AS Merah Membara, Kebakaran Hutan California Menjalar Lebih Cepat dari Biasanya

Selain Keluarga Navarrete, Palang Merah menyatakan lebih dari 1.200 kamar hotel dipersiapkan untuk menampung korban kebakaran hutan California.

Halaman:

Sumber Sky News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X