Terungkap, Kebakaran Hutan di California karena Pesta Kembang Api

Kompas.com - 07/09/2020, 22:20 WIB
Kebakaran hutan terlihat di sisi bukit Yucaipa, California, pada Sabtu 5 September 2020. Tiga kebakaran hutan yang begitu cepat menyebar membuat warga mengungsi dan lebih dari 200 orang terperangkap di salah satu lokasi perkemahan. AP PHOTO/Ringo H.W. ChiuKebakaran hutan terlihat di sisi bukit Yucaipa, California, pada Sabtu 5 September 2020. Tiga kebakaran hutan yang begitu cepat menyebar membuat warga mengungsi dan lebih dari 200 orang terperangkap di salah satu lokasi perkemahan.

SACRAMENTO, KOMPAS.com - Asal muasal kebakaran hutan di California, yang menghanguskan hampir 3.000 hektar, ternyata berasal dari pesta kembang api untuk mengungkap jenis kelamin bayi.

Pernyataan itu disampaikan Departemen Kebakaran California ( Cal Fire) dalam rilis resmi, menyikapi kobaran api El Dorado.

"Kebakaran El Dorado disebabkan perangkat piroteknik penghasil asap yang digunakan selama pesta mengungkapkan jenis kelamin bayi," jelas Cal Fire.

Baca juga: Merah Membara, Foto-foto Kebakaran Hutan California Luber sampai Jalan Tol

Jilatan si jago merah itu dilaporkan pertama kali terjadi pada Sabtu pagi di kawasan peternakan El Dorado di Yucaipa, sekitar 115 km dari Los Angeles (5/9/2020).

Hingga Minggu malam waktu setempat (6/9/2020), Cal Fire menerangkan kebakaran hutan itu menghanguskan sekitar 2.853 hektar lahan, dan baru lima persen dipadamkan.

Lebih dari 200 orang diangkat ke tempat aman sepanjang akhir pekan, setelah sempat terperangkap di area kemping di San Bernardino County.

Kantor Dinas Kedaruratan California menyatakan, sebanyak 207 orang diangkut menggunakan helikopter Chinook dan Black Hawk.

Mereka dibawa ke Waduk Mammoth di Hutan Nasional Sierra, dalam operasi yang berlangsung Sabtu malam hingga Minggu pagi waktu setempat.

Dalam foto yang diunggah Garda Nasional California, nampak sekitar 20 orang duduk beringsut di lantai helikopter memegangi bawaan mereka.

Kebakaran di San Bernardino merupakan satu dari titik api yang membuat Gubernur Gavin Newsom mendeklarasikan keadaan darurat.

Baca juga: Presiden Brasil Sebut Laporan Kebakaran Hutan Amazon Adalah Kebohongan

Halaman:

Sumber Sky News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X