Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Topan Maysak, Kim Jong Un Pertimbangkan Proyek Akhir Tahun Korut

Kompas.com - 09/09/2020, 14:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Reuters

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mempertimbangkan pelaksanaan proyek akhir tahun, setelah Topan Maysak menerjang dan menyebabkan kerusakan.

Berdasarkan pemberitaan media pemerintah KCNA, Kim membuat pengumuman itu dalam pertemuan Partai Buruh dalam rangka pemulihan di wilayah terdampak.

Baca juga: Presiden Xi Beri Ucapan Selamat ke Kim Jong Un atas 72 Tahun Berdirinya Korea Utara

Salah satu wilayah terdampak Topan Maysak seperti diberitakan Reuters Rabu (9/9/2020), adalah Komdok di Provinsi Hamgyong Selatan.

Dalam pertemuan itu, Kim Jong Un mengatakan topan tersebut sudah meninggalkan kerusakan yang cukup parah di Korea Utara.

"Itu tak bisa dihindari. Kita pun harus mengubah arahan terkait dengan proyek akhir tahun yang hendak dijalankan," jelas Kim.

Topan Maysak, topan kesembilan di musim ini, membuat pemerintah Korut harus mengumumkan keadaan darurat karena mengalami kerusakan parah.

Di antaranya adalah lebih dari 2.000 rumah hancur, membuat jalanan serta bangunan publik terendam, dengan 59 jembatan ambruk.

Perjuangan negara penganut ideologi Juche itu makin keras karena selain Maysak, mereka harus menghadapi Topan Navi, diikuti Haishen.

Kim menekankan pemulihan harus digelar dengan cepat, di mana dia menargetkan pembangunan rumah hingga jalur kereta rampung pada 10 Oktober.

Adapun 10 Oktober merupakan hari yang penting di Korut. Karena bertepatan dengan perayaan berdirinya Partai Buruh yang menguasai negara tersebut.

Baca juga: Pembelot Korea Utara Sebut Kim Jong Un Dewa yang Bisa Baca Pikiran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com