Presiden Xi Beri Ucapan Selamat ke Kim Jong Un atas 72 Tahun Berdirinya Korea Utara

Kompas.com - 09/09/2020, 10:46 WIB
Tangkapan layar dari video yang dirilis CCTV pada 20 Juni 2019 memperlihatkan Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pyongyang. Xi berkunjung ke Pyongyang selama dua hari. AFP/CCTVTangkapan layar dari video yang dirilis CCTV pada 20 Juni 2019 memperlihatkan Presiden China Xi Jinping berjabat tangan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pyongyang. Xi berkunjung ke Pyongyang selama dua hari.

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un atas ulang tahun ke 72 Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) alias Korea Utara.

Pada Rabu (9/9/2020), melansir Xinhua, Xi mengatakan bahwa dia sangat mementingkan pengembangan hubungan antara China dan Korea Utara. 

Baca juga: Pembelot Korea Utara Sebut Kim Jong Un Dewa yang Bisa Baca Pikiran

Dia juga siap bekerja sama dengan Kim Jong Un, untuk mendorong persahabatan bilateral tradisional untuk mencapai hasil yang baru.

Xi dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) mengirim pesan selamat ulang tahun kepada Kim Jong Un, kepala Partai Buruh Korea (WPK) sekaligus Kepala Komisi Urusan Negara RRDK atas ulang tahun ke-72 negara itu.

Baca juga: Di Tengah Kabar Kim Jong Un Koma, Korea Utara Luncurkan Website Larangan Merokok

Dalam ucapan selamatnya, Xi menunjukkan bahwa pada kesempatan ini, atas nama CPC, pemerintah dan rakyat China ingin menyampaikan salam hangat dan harapan terbaik bagi Kim, WPK dan rakyat Korea Utara.

Sejak berdirinya RRDK 72 tahun lalu, Xi mencatat, semua upaya sosialis telah berkembang pesat di bawah kepemimpinan WPK.

Baca juga: Presiden Xi Jinping: China Telah Lewati Cobaan Virus Corona yang Luar Biasa

Dalam beberapa tahun ini, Kim telah memandu WPK dan rakyat Korea Utara menerapkan garis baru strategis yang berfokus pada pengembangan perekonomian dan dengan aktif mempromosikan pertukaran dan kerja sama asing yang menunjukkan hasil-hasil penting.

Menutup pesannya, Xi menegaskan bahwa sebagai sahabat Korea Utara, China sangat senang dengan semua perkembangan tersebut.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X