Dicegat AS, Pesawat Sipil Iran Nyaris Tabrak Jet Tempur F-15 di Suriah

Kompas.com - 24/07/2020, 14:10 WIB
Foto tertanggal 14 September 2017 menunjukkan pesawat Airbus A340 milik Mahan Air di Bandara Internasional Dubai. AFP/GIUSEPPE CACACEFoto tertanggal 14 September 2017 menunjukkan pesawat Airbus A340 milik Mahan Air di Bandara Internasional Dubai.

TEHERAN, KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) pada Kamis (23/7/2020) mengatakan, mereka telah mencegat sebuah pesawat sipil Iran ketika terbang di atas Suriah.

Dilansir dari AFP Jumat (24/7/2020), televisi pemerintah Iran menuduh Israel menjadi dalang di balik aksi ini.

Komando Pusat AS yang mengawasi operasi AS di Timur Tengah mengatakan, " F-15 pada misi udara rutin... melakukan inspeksi visual standar dari pesawat penumpang Mahan Air pada jarak aman sekitar 1.000 meter dari pesawat."

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Iran: Tunggu Pembalasan Kami, AS

"Begitu pilot F-15 mengidentifikasi pesawat itu sebagai pesawat penumpang Mahan Air, F-15 membuka jarak dari pesawat dengan aman," ucap Komando Pusat.

"Pencegatan profesional dilakukan sesuai dengan standar internasional," tambahnya dikutip dari AFP.

Pernyataan dari AS muncul setelah saluran televisi Iran IRIB menayangkan video amatir, dari para penumpang yang berteriak saat pesawat Mahan Air tampak berubah arah tiba-tiba.

Kemudian video lain menunjukkan setidaknya 2 jet tempur terbang di samping pesawat.

Baca juga: Pemimpin Tertinggi Iran: Kami Tak Akan Pernah Lupa AS Bunuh Jenderal Qasem Soleimani

"Ketika pesawat (Iran) berada di atas langit Suriah, jet tempur rezim Zionis mendekati pesawat Mahan Airlines," lapor situs web IRIB.

"Setelah tindakan berbahaya oleh pesawat tempur Israel ini, pilot pesawat dengan cepat mengurangi ketinggian penerbangan untuk menghindari tabrakan dengan jet tempur Israel, melukai beberapa penumpang di pesawat."

Laporan IRIB menyebut insiden itu "provokatif dan berbahaya".

Baca juga: Jet Tempur F-15 AS Jatuh di Inggris, Pilot Ditemukan Tewas

Halaman:

Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X