Suriah Cegat Rudal Israel lalu Meledak di Langit Damaskus

Kompas.com - 21/07/2020, 13:25 WIB
Ilustrasi peluncuran rudal dari pangkalan udara Palmachim di pusat Israel pada Juli 2018 lalu. THE TIMES OF ISRAEL / ISRAEL DEFENSE MINISTRYIlustrasi peluncuran rudal dari pangkalan udara Palmachim di pusat Israel pada Juli 2018 lalu.

DAMASKUS, KOMPAS.com -  Sistem pertahanan udara Suriah dilaporkan telah mencegat apa yang mereka klaim sebagai "agresi" baru Israel di atas ibu kota Damaskus.

Suriah mengatakan rudal Israel telah terbang di atas Dataran Tinggi Golan Suriah lalu meledak di langit Damaskus.

Menurut sumber intelijen Barat, serangan tersebut adalah salah satu dari serentetan serangan Israel terhadap target yang didukung Iran di Suriah.

Sejumlah pangkalan di timur, tengah, dan selatan Suriah beberapa bulan ini diserang oleh Israel.

Baca juga: Suriah Menolak Tunduk pada Sanksi AS

Intelijen mengatakan lokasi serangan Israel tersebut diyakini terdapat basis milisi yang didukung Iran sebagaimana dilansir dari Middle East Monitor, Senin, (21/7/2020).

Suriah tidak pernah secara terbuka mengakui bahwa serangan itu menargetkan aset Iran di negara di negara tersebut.

Sumber-sumber intelijen Barat mengatakan serangan Israel terhadap Suriah adalah bagian dari perang bayangan yang direstui oleh Amerika Serikat (AS).

Serangan tersebut juga merupakan bagian dari kebijakan anti-Iran yang dilancarkan Israel.

Baca juga: Israel Lega Investigasi Kejahatannya di Palestina Ditunda

Kebijakan anti-Iran yang dilancarkan selama dua tahun belakangan dianggap cukup berhasil karena tidak memicu pertempuran terbuka yang luas.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X