Australia Harap Panel Independen WHO dapat Mengungkap Sumber Covid-19

Kompas.com - 13/07/2020, 16:57 WIB
Gedung Opera di Sydney, Australia. ThinkstockGedung Opera di Sydney, Australia.

CANBERRA, KOMPAS.com - Pemerintah Australia menyambut baik pembentukan panel independen yang dibentuk oleh Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO).

Panel independen tersebut ditujukan untuk meninjau kembali penanganan WHO terhadap pandemi Covid-19 dan tanggapan para pemerintah.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan panel tersebut akan dipimpin oleh mantan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf dan mantan Perdana Menteri Selandia Baru Helen Clark.

Ghebreyesus mengumumkan nama dua pemimpin panel independen tersebut pada Kamis (9/7/2020).

Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne dan Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt dalam pers rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/7/2020), mengatakan Australia berharap dapat bekerja sama dengan panel independen tersebut.

Baca juga: Masih Banyak Warga Australia Kira Bali Negara Terpisah dari Indonesia

"Ini mengikuti seruan kamu untuk peninjauan independen terhadap Covid-19 dan resolusi WHO yang didukung oleh catatan sejumlah 142 co-sponsor, termasuk Australia," kata Payne dan Hunt dalam rilisnya,

Payne dan Hunt mengatakan resolusi tersebut berkomitmen untuk evaluasi yang independen dan komprehensif.

Mereka juga berharap panel internasional dapat mengambil pelajaran yang dapat dipetik respons internasional serta upaya lebih lanjut untuk mengidentifikasi sumber virus corona.

"Australia telah bekerja erat dengan WHO dan mitra-mitra kunci untuk mempertahankan momentum dan memenuhi mandat Majelis Kesehatan Dunia," ujar Payne dan Hunt.

Mereka juga senang Direktur Jenderal WHO akan mengadakan sesi khusus Dewan Eksekutif WHO tentang Covid-19 pada September.

Baca juga: Covid-19, Perbatasan di Australia Tutup untuk Pertama Kalinya dalam 1 Abad


Sumber Rilis
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X