Ini Reaksi Dunia soal UU Keamanan Nasional China untuk Hong Kong

Kompas.com - 01/07/2020, 13:26 WIB
Presiden China Xi Jinping saat menghadiri G20 Extraordinary Virtual Leaders Summit terkait persoalan Covid-19. Pertemuan ini dilakukan dengan cara video conference, dan Xi melakukannya dari ibu kota China, Beijing, pada 26 Maret 2020. XINHUA/LI XUEREN/EPA-EFEPresiden China Xi Jinping saat menghadiri G20 Extraordinary Virtual Leaders Summit terkait persoalan Covid-19. Pertemuan ini dilakukan dengan cara video conference, dan Xi melakukannya dari ibu kota China, Beijing, pada 26 Maret 2020.

BEIJING, KOMPAS.com - Penerapan UU Keamanan Nasional China untuk Hong Kong telah membentuk ragam pendapat yang tajam baik dalam isu finansial mau pun isu lainnya.

Negara-negara yang loyal terhadap China tentu saja menyambut baik UU Keamanan Nasional tersebut. 

Namun para pembangkang, kelompok sayap kanan dan para pemerintah Barat menganggap penerapan UU tersebut sebagai hal yang akan mengakhiri tradisi kebebasan pendapat dan otonomi yudisial di Hong Kong.

Sebelumnya, ketika Hong Kong ingin diserahkan Inggris kepada China, kesepakatan menjamin kebebasan berpendapat di Hong Kong. 

Perjanjian itu dalam otonomi peradilan dan legislatif akan berlangsung sampai 2047 dan kesepakatan itu disebut, 'Satu Negara, Dua Sistem'.

Terkait UU Keamanan Nasional China untuk Hong Kong, berikut ini respons yang ada:

Baca juga: Uni Eropa, Inggris, Taiwan, Kecewa China Sahkan UU Keamanan Nasional Hong Kong

1. Pemerintah Hong Kong dan Beijing

Pemimpin Hong Kong pro-Beijing, Carrie Lam pada Rabu (01/7/2020) mendeskripsikan UU Keamanan Nasional sebagai 'perkembangan paling signifikan' sejak kota itu diserahkan kepada daratan utama China.

Beijing mendeskripsikan UU itu sebagai 'pedang' yang akan bergantung pada tiap 'kepala para pelanggar hukum' setelah selama setahun mengalami protes dan kekerasan pro-demokrasi yang besar.

Pada Rabu kemarin, Zhang Xiaoming, wakil pejabat Beijing di Hong Kong menganggap ancaman sanksi dari negara lain sebagai 'logika gengster'.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X