Rumor Adik Kim Jong Un Dipersiapkan Gantikan Kakaknya, Begini Kata Dubes Rusia

Kompas.com - 01/07/2020, 12:41 WIB
Dalam foto bertanggal 9 Februari 2018, Kim Yo Jong, adik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sampai di upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan. AP Photo/Patrick SemanskyDalam foto bertanggal 9 Februari 2018, Kim Yo Jong, adik sekaligus penasihat Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, sampai di upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan.

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia melalui duta besarnya menampik spekulasi bahwa Kim Jong Un diam-diam mempersiapkan saudara perempuannya, Kim Yo Jong untuk menggantikan posisinya.

Duta Besar Alexander Matsegora kepada TASS Senin (29/6/2020) berkata, "tidak ada alasan sama sekali" untuk meyakini Kim Jong Un mengambil alih peran kepemimpinan tertinggi Korea Utara.

Sudah 9 tahun Kim Jong Un mewarisi posisi tertinggi negara komunis ini pada usia muda 27 tahun, setelah kematian ayahnya pada 2011 dan diyakini memiliki otoritas absolut.

Sementara, Kim Yo Jong saat ini diketahui memiliki jabatan sebagai Wakil Direktur Departemen Pertama Komite Pusat Partai Buruh, sekaligus salah satu penasihat kakaknya yang paling terpercaya.

Kim Yo Jong menduduki posisi tersebut melalui jajaran birokrasi Korea Utara yang sulit untuk dipahami saat usianya 32 tahun.

Baca juga: Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong yang Dihormati dan Ditakuti di Korea Utara

Dia menyita perhatian publik dunia dengan terlibat dalam dialog diplomatik dengan AS dan Korea Selatan, di mana sebelumnya keterlibatannya tidak pernah secara langsung.

Kim Yo Jong mulai menjadi sorotan saat kemunculannya di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang 2018, KTT dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS).

Dia mengeluarkan pernyataan publik pertamanya pada Maret, yang membela kebijakan pengujian roket Pyongyang dalam menghadapi kritik dari Seoul.

Matsegora juga memerhatikan hal itu, tetapi ia memperingatkan agar tidak menyimpulkan Kim Yo Jong dipersiapkan untuk memimpin negaranya.

"Dia masih muda, meskipun dia memiliki cukup pengalaman politik dan kebijakan luar negeri," ujar Matsegora seperti yang dilansir dari Newsweek (29/6/2020).

Baca juga: Adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, Gulirkan Ancaman terhadap Korea Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X