Arab Saudi Minta Sikap Tegas Internasional soal Embargo Senjata Iran

Kompas.com - 01/07/2020, 10:43 WIB
Menteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Faisal bin Farhan Al Saud AFP/FABRICE COFFRINIMenteri Luar Negeri Kerajaan Arab Saudi, Faisal bin Farhan Al Saud

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi menyeru kepada komunitas internasional untuk mengambil sikap tegas terhadap Iran dan melanjutkan embargo senjata Dewan Keamanan PBB terhadap negara Republik Islam itu.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan pada Selasa (30/6/2020).

"Diskusi Dewan Keamanan PBB terhadap laporan yang mengonfirmasi keterlibatan Iran dalam serangan kepada fasilitas-fasilitas minyak Kerajaan Saudi merupakan pengingat kepada komunitas internasional untuk mengambil sikap tegas terhadap agresi dan teror dari rezim Iran," ungkap Pangeran Faisal dalam salah satu kicauan Twitter.

Baca juga: Arab Saudi Desak PBB Perpanjang Embargo Senjata terhadap Iran

Dia menambahkan, "Detil dan faktanya terdapat dalam laporan PBB, memperkuat dukungan kami untuk melanjutkan larangan persenjataan di rezim Iran dan menentang perkembangan nuklir serta program balistiknya."

UNSC telah mendiskusikan dalam rapat virtual pada Selasa kemarin. Hasil rapat yang disampaikan Sekjen PBB Antonio Guterres menunjukkan bahwa kapal missil digunakan Iran dalam beberapa serangan terhadap fasilitas-fasilitas minyak dan bandara internasional di Arab Saudi tahun lalu.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X