Gajinya Belum Dipotong, PM Selandia Baru Mengaku Frustrasi

Kompas.com - 17/06/2020, 11:33 WIB
PM Selandia Baru, Jacinda Ardern Shutterstock/photocosmos1PM Selandia Baru, Jacinda Ardern

WELLINGTON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan bahwa dia frustrasi karena masih menerima gaji penuh selama dua bulan yang sebelumnya dijanjikan akan diberlakukan pemotongan.

Dilansir New Zealand Herald, Ardern mengatakan, " Pemotongan gaji akan tetap diberlakukan selama 6 bulan. Namun, yang membuat saya frutrasi adalah berapa lama lagi itu dapat segera dilakukan."

Sebelumnya di tengah pemberlakuan lockdown akibat virus corona pada pertengahan April, Ardern mengumumkan bahwa dia, kementerian dan pegawai negeri sipil akan dipotong gajinya sebanyak 20 persen selama 6 bulan.

Baca juga: Jacinda Ardern dan Semangat Kemanusiaan

Namun, sampai kini pemotongan gaji untuk solidaritas itu masih belum dilakukan.

Menurut Otoritas Remunerasi, proses pemotongan tidak akan dimulai sampai 9 Juli mendatang karena membutuhkan proses birokrasi yang rumit dan memakan waktu.

Kepada media, Ardern mengatakan bahwa meski ditunda, dia masih yakin bahwa para anggota parlemen akan memberi contoh soal pemotongan gaji.

"Salah satu yang membuat kami frustrasi adalah saya mencoba tidak menerima gaji saya secara utuh namun diberitahu bahwa itu tidak bisa. Secara hukum saya tidak bisa melakukan itu, jadi kami mengubah undang-undang, sekarang kami menunggu UU itu diterapkan Otoritas Remunerasi."

Baca juga: Selandia Baru Laporkan Kasus Perdana Virus Corona dalam 25 Hari Terakhir

 

Ardern mengatakan mereka akan memeriksa semua opsi, termasuk memberikan sebagian dari gaji mereka untuk amal.

Akan tetapi hal itu membuka "masalah yang lebih luas" terkait dukungan para anggota parlemen.

"Pilihan paling sederhana adalah mengubah undang-undang tapi sayangnya itulah yang paling lama," ujar Ardern.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X