Aplikasi Astrologi Myanmar Laris Selama Lockdown

Kompas.com - 25/04/2020, 15:02 WIB
ilustrasi astrologi shutterstockilustrasi astrologi

YANGON, KOMPAS.com - Seorang pengacara asal Myanmar, Thiri sangat bersemangat tentang pernikahan dan pekerjaan barunya, sebelum akhirnya virus corona muncul dan meragukan kedua rencananya itu.

Thiri pun pada akhirnya mencari ramalan nasib kepada sebuah aplikasi astrologi yang diharapkan dapat membantunya.

Dengan beberapa dolar, aplikasi astrologi mampu memberikan nasihat kepada Thiri untuk melakukan banyak kegiatan baik di sekitarnya, mulai dari memberi bunga sampai memberi makan hewan liar untuk memastikan karma yang baik.

"Saya akan mengikuti seluruh nasihat itu," kata Thiri sebagaimana dilansir media Perancis AFP. Thiri juga memuji aplikasi bernama Min Thein Kha atas kenyamanan yang diberikan di saat pintu-pintu ramalan astrologi di sebuah kuil di pusat kota Yangon tutup akibat lockdown.

Baca juga: Terungkap, Detik-detik Lukisan van Gogh Seharga Rp 49,7 Miliar Dicuri Saat Lockdown

Aplikasi Min Thein Kha merupakan satu-satunya aplikasi astrologi di Myanmar yang diluncurkan dua tahun lalu.

Pembuat aplikasi itu mengklaim kalau pelanggan yang sudah terdaftar mencapai dua juta orang dengan 50.000 pengguna aktif setiap harinya.

Para pengguna dapat masuk ke aplikasi, memilih salah satu dari 23 ahli astrologi yang ada di dalam aplikasi dan memasukkan pertanyaan.

Setelah itu, para pengguna bisa melakukan pembayaran di muka dengan transfer via bank atau pun mobile banking dengan janji jawaban atas pertanyaan berbentuk file audio yang akan dibalas dalam waktu 48 jam.

Kondisi yang tidak menentu akibat wabah virus corona meningkatkan pertanyaan astrologi sebanyak 50 persen berdasarkan data perusahaan Bagan Innovation Technology.

Baca juga: Perpanjang Lockdown Parsial, Singapura Fokus Turunkan Angka Infeksi Covid-19 Komunal

Astrologi telah lama terjalin erat dengan kepercayaan Buddha di Myanmar dan beberapa keputusan besar dibuat tanpa konsultasi peramal.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X