Setelah China, 15 Negara Ini Juga Mulai Longgarkan Lockdown

Kompas.com - 21/04/2020, 16:13 WIB
Pembeli membayar makanan melalui pagar pembatas di pasar basah Wuhan. Foto diambil pada 1 April 2020. ALY SONG/REUTERSPembeli membayar makanan melalui pagar pembatas di pasar basah Wuhan. Foto diambil pada 1 April 2020.

KOMPAS.com - Usai China mencabut lockdown Wuhan dan melonggarkan sejumlah pembatasan, 15 negara lain juga mengikutinya.

Provinsi Hubei di China mulai mengakhiri pembatasan pada 25 Maret, menyusul penurunan jumlah kasus Covid-19 di sana.

Wuhan yang merupakan ibu kota provinsi dan yang pertama kali menerapkan lockdown di dunia, juga telah mencabutnya pada 8 April.

Baca juga: Institut Virologi Wuhan, Laboratorium yang Jadi Sorotan di Tengah Wabah Covid-19

Berikut adalah daftar 15 negara yang mulai longgarkan lockdown sesuai kebijakannya masing-masing menurut rangkuman dari AFP Selasa (21/4/2020).

1. India

Meski lockdown India telah diperpanjang hingga 3 Mei, tapi mulai Senin (20/4/2020) para pekerja di sektor-sektor utama diizinkan bekerja lagi.

Sektor-sektor itu termasuk bidang pertanian dan beberapa industri manufaktur serta konstruksi, yang mempekerjakan jutaan warga India di kalangan bawah.

Baca juga: Ibu di India Lempar 5 Anaknya ke Sungai Gangga karena Kecewa dengan Suami

2. Jerman

Negeri "Bir" ini pada Senin (20/4/2020) mengizinkan beberapa toko kecil dibuka lagi, sedangkan sejumlah sekolah akan dibuka pada 4 Mei yang dimulai dari kategori usia tertua.

Larangan pertemuan lebih dari 2 orang tetap diberlakukan, dan stadion serta ruang konser tetap ditutup setidaknya sampai 31 Agustus.

3. Italia

Negara pertama yang menerapkan lockdown di Eropa pada 10 Maret ini, mengizinkan beberapa bisnis dibuka lagi termasuk toko buku dan binatu.

Pembukaan kembali dilakukan pada 14 April di beberapa daerah.

Baca juga: Teliti Dampak Lockdown Virus Corona, Italia Diminta Gelar Tes Psikologi

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X