Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Detik-detik Lukisan van Gogh Seharga Rp 49,7 Miliar Dicuri Saat Lockdown

Kompas.com - 24/04/2020, 03:30 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Daily Mail

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Rekaman CCTV menunjukkan bagaimana pencuri menerobos masuk museum untuk mencuri lukisan Vincent van Gogh di Museum Singer Laren, Belanda.

Berbekal palu godam, pencuri menerobos pintu kaca di Museum Singer Laren dekat Amsterdam, sebelum melarikan diri dengan menggondol karya seni legendaris tersebut.

Pencurian yang terjadi pada 30 Maret ini merupakan pukulan telak bagi museum yang sedang ditutup mengikuti instruksi lockdown Belanda. Museum Singer laren ditutup pada 12 Maret, bersama dengan Van Gogh Museum dan Rijksmuseum di Amsterdam.

Baca juga: Belanda Lockdown, Lukisan Karya Vincent van Gogh Hilang Dicuri

Sebuah acara TV Belanda menayangkan rekaman video pengawas, yang diharapkan dapat membantu polisi menangkap penjahat yang hingga kini belum teridentifikasi.

Lukisan karya maestro Belanda yang hilang adalah The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884, yang memperlihatkan taman pastoran di kota Nuenen, tempat van Gogh tinggal saat itu.

Rekaman CCTV menunjukkan pencuri masuk museum melalui toko suvenir setelah menghancurkan pintu kaca.

Baca juga: Album Solo Perdana Suho EXO Terinspirasi dari Lukisan Van Gogh

Dia kemudian mendobrak pintu lain dengan palu godam dan melangkah masuk ke ruang galeri, ketika kaca-kaca berserakan di lantai. Ia lalu mengapit lukisan di lengan kanannya dan melarikan diri.

Dilansir dari Daily Mail Rabu (22/4/2020), polisi telah mengambil beberapa rekaman untuk mendukung penyelidikan mereka.

Direktur Pelaksana Museum Evert van Os membela keamanan Museum Singer Laren, mengklaim telah disetujui oleh perusahaan asuransi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Depresi, Vincent van Gogh Potong Telinganya Sendiri

"Pencuri menerobos sejumlah pintu dan beberapa lapisan keamanan, yang telah disetujui oleh para pakar keamanan."

"Oleh karena itu rekaman yang dirilis tidak bisa langsung menyimpulkan kualitas keamanan di Singer Laren," tegasnya.

"Sepertinya mereka dengan sengaja menargetkan lukisan van Gogh yang satu ini," kata juru bicara kepolisian, Maren Wonder, kepada Opsporing Verzocht sebagaimana dikutip dari Daily Mail.

Rekaman CCTV memperlihatkan cara pencuri menerobos Museum Singer Laren untuk mencuri lukisan Vincent van Gogh berjudul The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884 seharga sekitar 2,6 juta poundsterling (sekitar Rp 49,7 miliar).Korps Nationale Politie via Daily Mail Rekaman CCTV memperlihatkan cara pencuri menerobos Museum Singer Laren untuk mencuri lukisan Vincent van Gogh berjudul The Parsonage Garden at Nuenen in Spring 1884 seharga sekitar 2,6 juta poundsterling (sekitar Rp 49,7 miliar).
Detektif mengatakan tidak jelas apakah pencuri itu memiliki rekan, dan sedang mencari mobil van putih yang dalam rekaman terlihat melewati museum.

Lukisan minyak di atas kertas berukuran 10x22 inci itu dipinjam dari Museum Groninger di kota Groningen.

Wonder mengatakan, para penyelidik ingin mendengar dari para saksi potensial yang melihat pencuri itu tiba di luar museum dengan sepeda motor.

Baca juga: Pistol Pembunuh Vincent van Gogh Terjual Rp 2,6 Miliar dalam Lelang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com