Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia 3 Tahun Beruntun

Kompas.com - 21/03/2020, 17:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

HELSINKI, KOMPAS.com Finlandia kembali meraih predikat negara paling bahagia di dunia, meski virus corona sedang melanda, termasuk di negara itu sendiri.

Para ahli di PBB pada Jumat (20/3/2020) menyatakan Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Para peneliti di World Happiness Report meminta orang-orang di 156 negara untuk mengevaluasi tingkat kebahagiaan mereka sendiri.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Barcelona Pertimbangkan Pengurangan Gaji Pemain

Untuk mengisinya, para responden diminta mempertimbangkan aspek-aspek seperti Produk Domestik Bruto (PDB), dukungan sosial, kebebasan pribadi, dan tingkat korupsi dalam memberi skor kebahagiaan untuk negaranya.

Seperti dalam tujuh laporan sebelumnya, negara-negara Nordik mendominasi sepuluh besar, bersama Swiss, Selandia Baru, dan Austria.

Kemudian Luksemburg tahun ini naik ke peringkat 10 untuk pertama kalinya.

Baca juga: Jokowi Pesan Obat Virus Corona, Ini Profil Fujifilm Toyama Produsen Avigan

Indikator dari negara-negara paling bahagia adalah "di mana orang merasa saling memiliki, percaya dan nyaman satu sama lain, juga saling berbagi".

Penilaian itu dikatakan oleh John Helliwell, salah satu penulis laporan, dikutip dari AFP.

"Ada juga lebih banyak ketahanan, karena kepercayaan bersama mengurangi beban kesulitan, dan dengan demikian mengurangi ketidaksetaraan kesejahteraan," imbuhnya.

Baca juga: Menteri Pertahanan Israel Ungkap Satu Cara Terpenting Atasi Virus Corona

Sementara itu, negara-negara yang berada di peringkat bawah tahun ini adalah yang sedang dilanda konflik kekerasan maupun kemiskinan.

Di antaranya adalah Zimbabwe, Sudan Selatan, dan Afghanistan.

Sebaliknya Finlandia yang menepati posisi teratas, sebagian besar penduduknya menikmati kualitas hidup, keamanan dan layanan publik yang tinggi.

Tingkat ketidaksetaraan dan kemiskinannya juga yang terendah dari semua negara OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), yang terdiri dari 35 negara.

Baca juga: Cegah Corona, AirAsia Indonesia Lakukan Desinfeksi Pesawat Secara Rutin

Data untuk World Happiness Report tahun ini dikumpulkan pada 2018 dan 2019, sehingga tidak terpengaruh dengan situasi terkini akibat penyebaran virus corona.

Data dari Worldometers menyebutkan sampai hari ini Finlandia total memiliki 450 kasus virus corona, dengan 10 pasien pulih dan belum ada korban meninggal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com