Mundur, Mahathir Mohamad Pegang Rekor PM Malaysia Terlama dan Terpendek dalam Sejarah

Kompas.com - 24/02/2020, 20:19 WIB
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. AFPPerdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Keputusan mengejutkan diambil oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad yang memutuskan untuk mengundurkan diri.

Mahathir menyerahkan surat mundur kepada Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong, Sultan Abdullah asal Pahang pukul 13.00 Senin (24/2/2020).

Sultan kemudian menerima pengunduran diri Mahathir Mohamad dalam audiensi yang dilaksanakan di Istana Negara pukul 17.00 waktu lokal.

Baca juga: Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

PM Malaysia berusia 94 tahun itu mengundurkan diri buntut polemik politik yang menimpa Negeri "Jiran", dimulai pada Minggu (23/2/2020).

Ketika itu partai sang PM, Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu) menggelar pertemuan dengan barisan oposisi seperti UMNO dan Partai Islam se-Malaysia (PAS).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk membentuk poros pemerintahan baru di luar penguasa saat ini, koalisi Pakatan Harapan, dan menjegal Anwar Ibrahim.

Keputusan untuk mundur menyisakan fakta menarik, di mana Mahathir adalah PM Malaysia dengan masa jabatan terlama dan terpendek dalam sejarah.

Dilantik pada 10 Mei 2018, politisi dengan julukan Dr M itu menjabat selama satu tahun dan 290 hari sebelum memutuskan mundur.

Baca juga: PM Malaysia Mundur, Mahathir Mohamad Trending di Twitter Indonesia

Kemudian pemimpin terpilih tertua di dunia itu juga memegang rekor sebagai PM Malaysia dengan masa jabatan terlama pada 1981-2003.

Bergabung dengan UMNO dengan memimpin koalisi penguasa Barisan Nasional pada saat itu, Mahathir berkuasa selama 22 tahun dan 107 hari.

Dia membawa UMNO dan Barisan Nasional merajalela dengan memenangkan Pemilihan Umum (General Election) selama lima edisi berturut-turut.

Selama menjabat di periode pertamanya itu, Dr M dijuluki Bapak Modernisasi. Antara lain dengan menggagas Visi 2020 pada 1991 silam.

Selain pernah menjadi PM, Mahathir tercatat pernah mengemban jabatan publik lain. Seperti Menteri Pertahanan, Menteri Keuangan, hingga Wakil Perdana Menteri.

Baca juga: Mahathir Mohamad Mundur karena Tak Ingin Bekerja Sama dengan UMNO


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X