Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putin Beri Penghormatan pada Prigozhin Sembari Ungkit Kesalahannya

Ini jadi peristiwa yang memecah kebisuannya setelah pesawat yang ditumpangi pemimpin tentara bayaran tersebut jatuh tanpa ada yang selamat.

Kecelakaan terjadi dua bulan setelah ia memimpin pemberontakan terhadap para panglima angkatan bersenjata.

Komentar Putin, yang menunjukkan bahwa ia memiliki perasaan yang campur aduk tentang bos tentara bayaran Wagner, seolah memastikan nasib Prigozhin.

Sebelum dia berbicara, satu-satunya pernyataan resmi datang dari otoritas penerbangan yang mengatakan bahwa Prigozhin berada di dalam pesawat yang jatuh.

Dilansir dari Reuters, para penyelidik Rusia telah membuka penyelidikan atas apa yang terjadi, namun belum mengatakan apa yang mereka duga sebagai penyebab pesawat itu tiba-tiba jatuh dari langit barat laut Moskwa pada Rabu (23/8/2023) malam.

Mereka juga belum secara resmi mengkonfirmasi identitas 10 jenazah yang ditemukan dari reruntuhan pesawat.

Para pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa Washington sedang melihat sejumlah teori tentang apa yang menyebabkan pesawat itu jatuh, termasuk rudal permukaan-ke-udara.

Kematian Prigozhin yang diduga membuat Presiden Rusia Vladimir Putin semakin kuat. Dia dianggap menyingkirkan sosok kuat yang melancarkan pemberontakan pada 23-24 Juni terhadap kepemimpinan militer, mengancam, dan membuatnya terlihat lemah.

Namun, hal ini juga akan membuat Putin kehilangan seorang pemain yang kuat dan cerdik yang telah membuktikan kegunaannya bagi Kremlin dengan mengirimkan para pejuangnya ke dalam beberapa pertempuran paling berdarah dalam perang Ukraina.

Wagner juga memajukan kepentingan Rusia di seluruh Afrika yang sekarang kemungkinan akan diorganisir kembali.

Masih harus dilihat juga bagaimana para pejuang Wagner, yang beberapa di antaranya telah berbicara tentang pengkhianatan dan kecurangan, bereaksi terhadap hal ini.

Menjanjikan penyelidikan menyeluruh yang menurutnya akan memakan waktu, Putin mengatakan bahwa data awal mengindikasikan bahwa Prigozhin dan karyawan Wagner lainnya berada di pesawat yang jatuh.

Daftar penumpang menunjukkan bahwa tim kepemimpinan inti Wagner juga terbang bersamanya dan juga tewas.

Putin memberikan penghormatan kepada tentara bayaran pemberontak itu dengan menyebutnya sebagai seorang pengusaha berbakat yang tahu bagaimana menjaga kepentingannya sendiri dan, jika diminta, dapat melakukan sesuatu untuk tujuan bersama.

Namun, ia juga menggambarkan Prigozhin sebagai karakter yang cacat dan telah melakukan beberapa kesalahan.

"Saya ingin menyampaikan belasungkawa yang paling tulus kepada keluarga semua korban. Ini adalah sebuah tragedi," kata Putin dalam pidato yang disiarkan di televisi dalam sebuah pertemuan di Kremlin dengan kepala daerah Donetsk yang dilantik Moskwa di Ukraina timur.

"Saya telah mengenal Prigozhin sejak lama, sejak awal tahun 90-an. Dia adalah seorang pria dengan nasib yang sulit, dan dia membuat kesalahan serius dalam hidupnya," ujarnya.

https://www.kompas.com/global/read/2023/08/25/081400670/putin-beri-penghormatan-pada-prigozhin-sembari-ungkit-kesalahannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke