Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/03/2024, 14:49 WIB
Aska Bagus Aldika,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat melakukan ibadah puasa pada bulan Ramadan, makan dan minum tidak diperbolehkan selama sekitar 14 jam. Selain pola makan, hal tersebut akan memengaruhi asupan carian dalam tubuh. 

Setiap manusia secara garis besar membutuhkan asupan cairan sebanyak dua liter air dalam sehari. Oleh sebab itu, penting untuk mencukupi kebutuhan asupan cairan agar tidak dehidrasi.

Baca juga: 3 Tips Minum Kopi Saat Puasa, Jangan Mendadak Berhenti

Lantas, bagaimana cara minum air putih yang baik saat berpuasa agar terhindar dari dehidrasi?

Dikutip dari laman Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (13/3/2024), berikut tips yang bisa dilakukan:

Baca juga:

Bagaimana cara agar tidak dehidrasi saat puasa?

6 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur yang Pantang DilewatkanPEXELS/LISA FOTIOS 6 Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur yang Pantang Dilewatkan

Saat sahur, minumlah dua gelas air putih yang terdiri dari satu gelas setelah bangun tidur, serta satu gelas setelah makan sahur.

Selanjutnya, saat berbuka puasa, minumlah air putih sebanyak dua gelas sedang. Minum saat berbuka puasa dan setelah menyantap hidangan buka puasa. 

Sebelum melaksanakan tarawih, minum lagi satu gelas air putih. Hal yang sama juga dilakukan setelah tarawih. 

Terakhir, sebelum tidur, minumlah dua gelas air putih.

Baca juga: 4 Tips Sehat Selama Bulan Puasa, Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka

Sementara itu, seorang ahli gizi Rahaf Al Bochi menyampaikan, penting bagi seseorang untuk tetap terhidrasi dengan baik pada jam-jam tidak berpuasa. 

"Hal itu berarti membawa botol air minum jika kamu pergi ke luar untuk beribadah malam hari," tutur Al Bochi, dikutip dari CNN.

Selain air putih, makanan dan minuman lainnya seperti teh, sup, dan buah-buahan yang tinggi kadar air, misalnya semangka, juga bisa membantu memenuhi asupan cairanmu.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com