Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2024, 13:37 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ungkep adalah proses memberi bumbu pada daging terutama ayam sebelum memasaknya menjadi berbagai hidangan, seperti ayam goreng dan ayam bakar. Cara ungkep ayam harus dilakukan dengan benar.

Jika tidak, bumbu ungkep ayam bisa jadi tidak meresap dengan baik. Jika ingin membuat ayam bakar, sebaiknya ikuti enam cara yang tepat untuk mengungkep ayam agar bumbunya meresap, seperti yang disarankan oleh Chef dan Pedagang Kuliner.

Baca juga:

1. Cara belah daging ayam yang benar

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Kamis (03/03/2022), Pian Gunawan, Executive Chef The Alana Hotel & Convention Center Solo menyarankan untuk membelah ayam tanpa putus.

"Dibelah punggung saja dijadikan kayak ayam bekakak. Jadi tinggal membuka dari bagian belahan punggung, dari atas kepala dipotong sampai ke ujung pangkal," ujar Pian.

"Tengahnya dibelah, tulang yang lunak kan ada di tengah, itu dilepas saja kalau seandainya tulangnya sudah lepas, tinggal dijepit atau tidak pakai jepitan juga bisa," tambahnya.

2. Hindari memotong daging ayam saat akan mengungkepnya

Pian menyatakan bahwa ayam yang dibelah tanpa putus lebih mudah untuk diungkep dan diolah menjadi ayam bakar.

Meskipun waktu yang dibutuhkan untuk mengungkep potongan ayam mungkin lebih singkat daripada ayam utuh, Pian berpendapat bahwa hasil akhir ayam bakar akan kurang baik dan tidak sebaik ayam utuh.

"Kalau untuk dibakar, potongan kecil ayam itu rada susah. Dagingnya sudah kecil, terus bakal habis (dagingya) di bakaran," kata Pian.

3. Pastikan bumbu diulek hingga halus

Tidak hanya cukup dengan mencincang manual atau menggunakan chopper, tetapi campuran bumbu ungkep juga harus dihaluskan secara merata agar mudah meresap ke dalam ayam.

Pian menyarankan bahwa idealnya bumbu ungkep dibuat halus, meskipun sekarang ini banyak yang menggunakan chopper yang memang memudahkan tetapi masih menghasilkan campuran yang kasar.

Ilustrasi ayam ungkep frozen.SHUTTERSTOCK/ ALINPRADIPTA Ilustrasi ayam ungkep frozen.

4. Jangan lupa menumis bumbu ungkep

Bumbu halus harus ditumis sebelum direbus dengan air. Pasalnya, cara ini menjadi kunci membuat cita rasa ayam ungkep lebih terasa enak.

"Tumisnya paling 10 menit juga sudah benar-benar reduce dan oily," ujar Pian kepada Kompas.com, Kamis (3/3/2022).

5. Menumis untuk memperpanjang masa simpan dari bumbu ungkep

Menumis bumbu ungkep selama 10 menit juga bisa membuat bumbu memiliki masa simpan yang cukup panjang. Cara ini bisa diikuti oleh para pedagang dengan bahan masakan ayam ungkep.

"Kadang kan kalau berjualan, kita tidak hanya pakai untuk satu kali, mungkin dua hingga tiga porsi ungkepan, jadi untuk memperpanjang jangka simpannya saja," sambungnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com