Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Resep Minuman Sereh, Sajikan Dingin atau Hangat

Kompas.com - 12/03/2024, 11:33 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Sedang punya serai dalam jumlah banyak di rumah? Kompas.com rangkum sedikitnya ada tujuh resep minuman serai yang bisa dihidangkan hangat atau dingin. 

Cara membuat minuman serai ini juga cukup mudah dengan bahan sederhana yang ada di dapur rumah. Kamu bisa membuatnya untuk hidangan berbuka puasa atau saat sahur untuk menghangatkan diri. 

Simak aneka resep minuman hangat khas Indonesia yang satu ini. 

1. Resep Lemongrass Matcha Tea ala Kafe

Kali ini tidak perlu repot datang ke kafe atau restoran untuk mendapatkannya, kamu juga bisa membuat minuman kekinian sendiri di rumah.

Salah satu variasi yang bisa dicoba adalah Lemongrass Matcha Tea. Bahan utama yang diperlukan termasuk beberapa jenis sirup, seperti sirup simpel, sirup leci, dan ekstrak serai.

Baca juga: Resep Lemongrass Matcha Tea ala Kafe, Perpaduan Teh Hijau dan Serai

2. Resep Infused Water Serai Kayu Manis

Serai memiliki manfaat untuk meredakan batuk, demam, reumatik, dan sakit perut. Selain itu, serai juga berperan sebagai antiseptik. Sementara kayu manis, selain menambah aroma dan rasa, juga bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan jamur.

Baca juga: Resep Infused Water Serai Kayu Manis untuk Ringankan Batuk

3. Resep Es Serai Segar

Nikmati kesegaran es serai ini di siang hari yang panas. Kamu bisa membuatnya dengan menambahkan air jeruk nipis, jahe, dan madu. Minuman dingin ini cocok sebagai menu takjil berbuka puasa serta memberikan beragam manfaat.

Baca juga: Resep Es Serai Segar, Bisa Bantu Lancarkan Pencernaan

4. Resep Es Teh Serai

Ketika menikmati makanan pedas, sangat menyenangkan jika disandingkan dengan minuman dingin.

Jika bosan dengan es teh manis, cobalah membuat es teh serai yang penuh manfaat. Selain menyegarkan, es teh serai juga dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Bahkan, dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca juga: Resep Es Teh Serai, Minuman Segar Kaya Manfaat

5. Resep Wedang Sereh Secang

Coba buat wedang sereh secang, mudah buatnya hanya perlu rebus semua bahan jadi satu. Kamu bisa membuatnya hanya dalam waktu 10 menit untuk seduhan minuman hangat saat sahur.

Baca juga: Resep Wedang Sereh Kacang, Minuman Hangat Halau Masuk Angin 

6. Resep Wedang Sereh Kacang

Cara membuat wedang sereh kacang ini mudah, bisa kamu buat sendiri untuk menu takjil buka puasa. Ada kacang tanah kupas sebagai isiannya.

Baca juga: Resep Wedang Sereh Secang, Minuman Hangat untuk Musim Pancaroba

7. Resep Es Teh Manis Sereh ala Restoran

Cara membuat minuman ini mudah dan waktunya cepat, cocok untuk kamu yang bikin takjil mepet waktu buka puasa. Bahan yang digunakan hanya enam saja.

Baca juga: Resep Es Teh Manis Sereh ala Kafe, Takjil Segar di Tenggorokan 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com